Dicari, Kandidat-Kandidat Terbaik Sekretaris Daerah Pemkab Sidoarjo

Jurnalis: Fathur Roziq
Editor: Muhammad Faizin

18 Oktober 2023 00:00 18 Okt 2023 00:00

Thumbnail Dicari, Kandidat-Kandidat Terbaik Sekretaris Daerah Pemkab Sidoarjo Watermark Ketik
Susunan Panitia Seleksi Terbuka Calon Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo. (Foto: BKD Kabupaten Sidoarjo)

KETIK, SIDOARJO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab Sidoarjo) tengah mencari sosok sekretaris daerah (Sekda). Lowongan pejabat karir tertinggi di birokrasi Kabupaten Sidoarjo itu resmi dibuka mulai Selasa (17/10/2023). Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sidoarjo telah membentuk panitia seleksi terbuka (selter) untuk memilih kandidat-kandidat sekretaris daerah itu.

Kepala BKD Pemkab Sidoarjo M. Makhmud mengatakan telah melakukan menggelar rapat koordinasi dengan panitia pelaksanaan seleksi terbuka (selter). Panitia seleksi mematangkan komposisi panitia seleksi dan resmi membuka seleksi calon Sekda. Tanggal 17 Oktober ini pendaftarannya.

”Panitia seleksi harus ada dari internal Pemkab Sidoarjo, dari akademisi, dan dari Pemprov Jatim,” jelas Makhmud pada Selasa (17/10/2023).

Dia menambahkan, persyaratan-persyaratan dan tahapan seleksi Sekda Pemkab Sidoarjo sudah siap dan diumumkan secara resmi. Persyaratan dan mekanismenya tak beda jauh dengan selter pejabat sebelumnya. Ada tes administrasi, syarat rekam jejak, paparan makalah, tes kompetensi, serta tes kesehatan jasmani maupun rohani.

”Persyaratan sama seperti selter sebelumnya," kata Makhmud.

Hasil selter akan menempatkan tiga kandidat terbaik. Tiga nama itu kemudian diserahkan ke Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali untuk dipilih menjadi Sekda Kabupaten Sidoarjo.

Pendaftaran berlangsung selama 14 hari terhitung mulai 17 Oktober. Jumlah pndaftar minimal harus lebih dari tiga. Jika hanya ada tiga pendaftar atau bahkan kurang dari tiga, pendaftaran diperpanjang 7 hari.

”Jika masih kurang pendaftar juga, dibuka 7 hari lagi. Minimal harus ada empat pendaftar," katanya.

Tahapan seleksi meliputi empat bagian. Pertama, seleksi administrasi dan penelusuran rekam jejak. Kedua, seleksi kompetensi manajerial dan kompetensi sosial kultural. Ketiga, tahap seleksi kompetensi bidang. Keempat, seleksi keesehatan bebas narkoba.

Pengumuman hasil seleksi direncanakan dilakukan pada 1 sampai 4 Desember mendatang. Penetapan pejabat Sekda untuk Pemkab Sidoarjo terpilih diperkirakan berlangsung pada 7 Desember 2023.

Pembukaan selter Sekda Pemkab Sidoarjo, lanjut Makhmud, merupakan bagian dari kebutuhan organisasi. Apalagi, posisi Sekda definitif di Pemkab Sidoarjo sudah sekitar 1,5 tahun ini kosong atau sejak 17 Maret 2022. Posisi Sekda dijabat oleh seorang pelaksana tugas (Plt) Sekda. Dia adalah Kepala Inspektorat Pemkab Sidoarjo Andjar Surjadianto. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pemkab Sidoarjo BKD Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo Sekretaris Daerah Sidoarjo Sekda Kabupaten Sidoarjo