Diguyur Hujan Lebat, Sejumlah Wilayah di Cianjur Alami Banjir hingga Pohon Tumbang

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Naufal Ardiansyah

6 November 2023 03:33 6 Nov 2023 03:33

Thumbnail Diguyur Hujan Lebat, Sejumlah Wilayah di Cianjur Alami Banjir hingga Pohon Tumbang Watermark Ketik
Hujan deras akibatkan banjir di Jalan Mangunsarkoro Cianjur, Minggu (5/1/2023). (Foto: Dok. Warga for Ketik.co.id)

KETIK, CIANJUR – Usai diguyur hujan lebat, sejumlah wilayah di Kabupaten Cianjur mengalami banjir hingga pohon tumbang. Kejadian ini terjadi pada hari Sabtu-Minggu (4-5/11/2023).

"Kami melaporkan, bahwa setelah diguyur hujan lebat, wilayah Kecamatan Cianjur Kota telah terjadi beberapa kejadian-kejadian," kata Camat Cianjur Kota, Tom Dani Gardiat kepada media online nasional Ketik.co.id melalui pesan singkat Whatsapp.

Ia mengatakan, terjadi genangan air di Jalan HOS Cokroamito - Jalan Mangunsarkoro setinggi paha orang dewasa. Hal ini diakibatkan drainase tidak menampung debit air.

"Lalu pohon tumbang di Jalan Arif Rachman Hakim tepatnya depan Yogya Departement Store yang mengakibatkan 2 unit kendaraan roda 4 rusak akibat tertimpa pohon dan 2 orang penumpang warga Gang Elos, Kelurahan Muka mengalami luka. Kini sudah dibawa ke RSUD Sayang Cianjur untuk penanganan Medis," ujarnya.

Kemudian, lanjut Tom Dani Gardiat, pohon tumbang di Jalan KH Abdullah bin Nuh depan Gedung DPRD Cianjur, di Jalan Siti Bodedar samping Masjid Agung Cianjur, di Jalan Aria Cikondang, sekitar The Jhon Desa Babakankaret, di Jalan Perintis Kemerdekaan (Jebrod), dan di Warung Kiara Nagrak menimpa kabel listrik.

"Kemudian 1 unit Rumah di Kampung Warungkiara milik Uden tertimpa longsoran tanah. 1 unit rumah di Kampung Babakan andung Desa Sukamaju milik Syaeful tertimpa pohon," imbuhnya.

Tom menambahkan, meluapnya Sungai Cikukulu mengakibatkan rumah di sekitar Gang Banjar, Gang Jembar dan Gang Harapan tergenang air. Kemudian meluapnya Sungai Ciraden mengakibatkan rumah di sekitar RW 22 Kelurahan Pamoyanan terendam banjir.

"Penanganan sedang dilakukan yang melibatkan unsur TNI-Polri, BPBD, Desa/Kelurahan, Retana, Damkar, masyarakat, dan sampai saat ini masih dalam proses penanganan," tandasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

banjir Hujan deras Cianjur pohon tumbang