Diskopindag Kota Malang Gandeng 10 Perusahaan untuk Bentuk UMKM Corner

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Muhammad Faizin

22 Oktober 2024 16:45 22 Okt 2024 16:45

Thumbnail Diskopindag Kota Malang Gandeng 10 Perusahaan untuk Bentuk UMKM Corner Watermark Ketik
Produk UMKM Kota Malang yang dijajakan di salah satu retail modern. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang menggandeng 10 perusahaan untuk memasarkan produk-produk UMKM. Perusahaan tersebut diminta untuk menyediakan UMKM Corner. 

Kepala Diskopindag Kota Malang, Eko Sri Yuliadi menjelaskan bahwa 10 perusahaan tersebut bergerak di bidang perhotelan, restoran, hingga tempat rekreasi. 

"Kami ajak berkolaborasi menyediakan UMKM corner. Nanti ada regulasi juga mengenai retail modern agar disiapkan tempat untuk UMKM," ujar Eko, Selasa 22 Oktober 2024. 

UMKM corner tersebut berisikan produk-produk olahan, termasuk makanan basah. Beberapa perusahaan yang tekah diajak kolaborasi ialah Sky Lounge Batu, dan pusat oleh-oleh seperti Bakpia Mangkok. 

Fasilitas yang diberikan Pemkot Malang itu untuk mengupayakan semakin banyak UMKM yang naik kelas. Untuk itu dalam waktu dekat ini Diskopindag Kota Malang akan mengadakan event yang melibatkan pelaku UMKM di Malang Creative Center (MCC). 

"Pak Pj Walikota mengharapakan untuk tahun ini ada 100 UMKM naik kelas. Makanya kami ajak selalu promosi dan kami akan mengadakan even di MCC November selama satu bulan penuh," lanjutnya. 

Pasalnya agar dapat naik kelas, UMKM harus memenuhi beberapa persyaratan. Misalnya UMKM mikro harus dapat mencapai omset sekitar Rp 1 miliar agar dapat menjadi level kecil. 

"Upaya yang dilakukan oleh Pemkot untuk menaikan kelas itu adalah support, diberikan pembinaan dan pengembangan serta diberikan dukungan. Baik itu berupa barang maupun keuangan," kata Eko.

Tombol Google News

Tags:

umkm kota malang UMKM Corner Kota Malang Diskopindag Kota Malang Perusahaan