Eko Yuli Irawan: Atlet Junior Jangan Juara Nunggu Senior Pensiun, Kalahkan Saya!

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

7 September 2024 03:15 7 Sep 2024 03:15

Thumbnail Eko Yuli Irawan: Atlet Junior Jangan Juara Nunggu Senior Pensiun, Kalahkan Saya! Watermark Ketik
Lifter Jatim Eko Yuli Irawan memilih tidak akan pensiun, Jumat, 6 September 2024. (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, BANDA ACEH – Lifter senior Jawa Timur Eko Yuli Irawan bertekad terus meraih prestasi di ajang internasional dan nasional seperti PON. Di usianya yang kini menginjak 35 tahun, peraih medali perak Olimpiade itu juga berharap ada lifter junior yang segera mengalahkannya.

Ia meminta para atlet muda terus berlatih. Itu agar bisa mengalahkan senior seperti dirinya. "Jangan sampai ada atlet muda juara baru setelah seniornya pensiun," katanya.

Eko tampil di PON 2024 ini di tengah mengalami cedera kaki. Namun, peraih medali perak Olimpiade Tokyo 2020 itu masih mampu memperoleh medali emas di kelas 67 kg putra.

"Sakitnya masih terasa, namun di PON ini mental yang menentukan dan lawan terberat saya sebenarnya cedera," katanya saat ditemui Ketik.co.id, Sabtu, 6 September 2024.

Ia juga mengatakan ingin terus berlomba di angkat besi sampai ada atlet muda mampu mengalahkannya. "Sebelum saya dikalahkan (junior), saya tidak akan pensiun," tegasnya.

Eko tampil luar biasa di kelas 67 kg putra. Ia berhasil melakukan angkatan total 309 kg dari angkatan snatch 138 kg dan 171 kg di angkatan clean and jerk.

“Target saya memang emas, bukan pecah rekor karena kondisi juga belum pulih pasca cedera di Olimpiade. Tapi karena tadi Jawa Barat pasang angkatan 170 Kg saya harus di atasnya. Alhamdulillah berhasil,” kata Eko.

Ia mengaku tidak bisa maksimal latihan karena lebih banyak memanfaatkan waktu untuk pemulihan cedera yang ia alami saat olimpiade sebelum berangkat ke PON. 

Namun, karena memiliki target tinggi ia pun bertekad keras untuk mencapainya. “Rutin latihan 10 hari setelah Olimpiade. Latihan pun hanya angkat 130 kg, 150 kg, belum pernah 160 Kg," jelas Eko.

"Dengan pemulihan sangat singkat, kami adu mental saja di sini. Terus sempat semprot (obat penghilang rasa sakit, red) untuk mati rasa tadi,” tambah Eko. (*)

Tombol Google News

Tags:

Lifter Jatim Eko Yuli Irawan Jawa timur PON2024 PON XXI 2024 Aceh-Sumut Olimpian Eko Yuli PON