Electrum H5, Motor Listrik Karya Anak Negeri Hasil Patungan Gojek-TBS Energi

Jurnalis: Ias Abdullah
Editor: M. Rifat

14 November 2023 02:04 14 Nov 2023 02:04

Thumbnail Electrum H5, Motor Listrik Karya Anak Negeri Hasil Patungan Gojek-TBS Energi Watermark Ketik
Motor listrik Electrum H5 (Foto: Electrum.id)

KETIK, JAKARTA – Kendaraan motor listrik Electrum H5 telah diluncurkan awal November ini. Motor listrik yang menggunakan dua baterai ini merupakan rancangan para insinyur dalam negeri.

Electrum sendiri merupakan perusahaan patungan antara Goto (Gojek Tokopedia)dan TBS Energi Utama. Perusahaan ini berambisi membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Sayang, saat ini Electrum H5 belum dijual untuk umum. Motor listrik ini untuk sementara baru akan disediakan untuk para driver Gojek.

CEO Electrum Jack Yang mengatakan, baterai H5 berkapasitas 1,8 kWh. Dengan dua baterai terisi penuh, motor listrik itu bisa menempuh jarak 120 km atau 60 km jika hanya menggunakan satu baterai.

Electrum H5 tipe Performance dipacu motor penggerak 5,4 kH, yang setara dengan 7 HP di putaran 3000 rp dan torsi 30 Nm pada 1600 rpm. Motor ini juga bisa melesat hingga 60 km/jam hanya dalam 6 detik dan memiliki kecepatan maksimal 90 km/jam. "Electrum H5 setara dengan (Honda) Vario," klaim Yang dilansir Suara.com media jejaring Ketik.co.id.

Foto Motor listrik Electrum H5 (Foto: electrum.id)Motor listrik Electrum H5 (Foto: electrum.id)

Electrum H5 hadir dalam dua tipe, yakni Performance dan Eco. Untuk tipe Eco, H5 dipacu motor penggerak 2,6 kW atau sekitar sekitar 3,5 HP pada putaran mesin 3.000 rpm dan torsi 27 Nm di 1.600 rpm. Tipe ini hanya menggunakan satu baterai.

Untuk sistem pengisian daya baterai, Electrum menyediakan sistem tukar atau swap yang fasilitasnya akan tersedia antara lain di SPBU Pertamina, Alfamidi, Planet Ban dan Indomaret.

Electrum juga belum membocorkan harga jual H5, karena belum berencana menjual motor listrik tersebut secara luas ke publik. Belum diketahui pasti kapan motor tersebut akan dipasarkan secara luas.

Saat ini Electrum sedang menanti rampungnya pembangunan pabrik perakitannya di Cikarang, Jawa Barat. Pabrik dengan kapasitas 200.000 unit per tahun itu diharapkan beroperasi pada 2025 mendatang.(*)

Tombol Google News

Tags:

motor listrik electrum H5 Gojek GoTO launching