Gaungkan Sport Tourism, SIWO PWI Kota Batu Gelar Porwakot di Tempat Wisata

Jurnalis: Sholeh
Editor: Naufal Ardiansyah

6 Juli 2024 06:57 6 Jul 2024 06:57

Thumbnail Gaungkan Sport Tourism, SIWO PWI Kota Batu Gelar Porwakot di Tempat Wisata Watermark Ketik
Pertandingan Catur dalam Porwakot SIWO Kota Batu PWI Malang Raya di Taman Rekreasi Selecta, Sabtu (6/7/2024). (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Sport Tourism atau olahraga sambil wisata terus digaungkan di Kota Batu Jawa Timur. Kali ini, Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Kota Batu PWI Malang Raya menggelar Pekan Olahraga Wartawan Tingkat Kota (Porwarkot) 2024, Sabtu (6/7/2024).

Ada dua cabang olahraga yang dipertandingkan. Yaitu Catur yang berlangsung Bahagia Taman Rekreasi Selecta dan Tenis Lapangan di Hotel Jambuluwuk Resort. 

Total ada 30 atlet yang juga jurnalis berpartisipasi menyemarakkan Porwarkot perdana di Kota Batu tersebut. Sembari berolahraga, para atlet menikmati pariwisata di Kota Batu.

''Selain itu juga bertujuan untuk mengembangkan pariwisata berbasis sport tourism. Diharapkan kegiatan ini sekaligus membawa dampak terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat,'' jelas Ketua Penyelenggara Porwarkot, M Noerhadi.

Noerhadi mengatakan, Porwarkot 2024 digelar sebagai bentuk implementasi insan pers dalam fungsi edukasi serta mendorong gaya hidup sehat melalui olahraga. Terutama bagi kalangan generasi muda.

Menurutnya, hal ini selaras dengan tujuan Pemerintah Indonesia mewujudkan Generasi Emas 2045. Karena bonus demografi harus diiringi dengan menyiapkan generasi yang sehat dan pendidikan yang optimal.

"Ini merupakan kontribusi SIWO PWI dalam mendukung Sport Tourism yang sedang digencarkan Pemerintah Kota Batu," urainya.

Sementara, Ketua PWI Malang Raya Cahyono mengatakan jika Porwarkot 2024 menjadi ajang seleksi atlet untuk penjaringan atlet Porwarprov (Pekan Olahraga Wartawan Provinsi) dan Porwarnas (Pekan Olahraga Wartawan Nasional). 

''Di Kota Batu sendiri ada 2 atlet yang diproyeksikan bergabung di Porwanas di cabor catur seperti Febri Setiawan dan Adi Wiyono,'' tambahnya.

Ia menambahkan, Porwarkot 2024 digelar untuk memperingati Hari Bhayangkara, HUT RI sekaligus Hari Olahraga Nasional. Porwarkot juga dilaksanakan serentak di Kota Malang dan Kabupaten Malang hingga 17 Agustus 2024.

"Berbagai kejuaraan akan digelar mulai cabor Catur Tenis Lapangan, Bulutangkis, Tenis Meja, E-Sport dan Menembak. Peserta kegiatan adalah anggota PWI Malang Raya," ujarnya.

Sekadar informasi, Turut hadir dalam pembukaan Porwakot SIWO Kota Batu PWI Malang Raya Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai yang diwakili Asisten SDM, Administrasi dan Kemasyarakatan Supriyanto, Dirut Selecta Sujud Hariadi, Ketua PWI Malang Raya Cahyono.

Hadir pula, Kasi Humas Polres Batu Ipda Trimo, jajaran BNN Kota Batu, Kasi Datun Reynold mewakili Kepala Kejari, Dirut Perumdam Among Tirto Edi Sunaedi, Ketua KPU Kota Batu Joko Heru Purwanto dan Bawaslu Kota Batu. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Siwo Kota Batu PWI Malang Raya Porwakot