Gelar Apel Siaga, Bawaslu Kabupaten Malang Siap Awasi Masa Tenang

Jurnalis: Gumilang
Editor: Mustopa

10 Februari 2024 16:20 10 Feb 2024 16:20

Thumbnail Gelar Apel Siaga, Bawaslu Kabupaten Malang Siap Awasi Masa Tenang Watermark Ketik
Suasana Apel Siaga Bawaslu Kabupaten Malang jelang masa tenang Pemilu 2024. (Foto: Gumilang/ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Bawaslu Kabupaten Malang menggelar apel siaga di Stadion Kahuripan, Desa Talok, Kabupaten Malang, Sabtu, (10/2/2024). Apel diikuti 99 panwascam, 390 pengawas desa/kelurahan dan 33 kepala sekretariat.

Mereka siap menjalankan tugas pengawasan, khususnya selama masa tenang Pemilu 2024. Sebagai informasi, jalannya Apel Siaga Bawaslu Kabupaten Malang diwarnai dengan hujan deras.

Apel tersebut dihadiri Wabup Malang Didik Gatot Subroto, Ketua Bawaslu Kabupaten Malang M Wahyudi dan Pj Sekda Kabupaten Malang Nurman Ramdansyah.

Ketua Bawaslu Kabupaten Malang M Wahyudi mengatakan, mulai pukul 12 malam nanti, pihaknya langsung menertibkan Alat Peraga Kampanye atau APK yang masih terpasang.

"Kami telah berkoordinasi dengan Polres Malang dan Satpol PP Kabupaten Malang untuk menertibkan APK tersebut," ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, ekseskusi penertiban APK ini bertujuan untuk menciptakan suasana kondusif selama masa tenang. Pihaknya juga akan melakukan pengawasan secara ketat selama masa tenang.

"Saya mengimbau kepada seluruh peserta pemilu untuk tidak melakukan aktivitas kampanye," tegasnya.

Sementara itu, Wabup Malang Didik Gatot Subroto turut berpesan kepada peserta apel untuk segera mengkomunikasikan apabila ada masalah di lapangan. Ini dikarenakan bawaslu merupakan kunci dari pelaksanaan pemilu damai.

“Komunikasikan dengan pengurus partai politik yang ada di setiap kecamatan dan desa. Komunikasikan juga dengan pemerintah, seperti kepala desa atau camat,” kata Didik.

Dengan komunikasi yang baik, maka mereka bisa menentukan langkah-langkah yang harus dilakukan apabila ada pelanggaran atau kekacauan saat pelaksanaan pemilu. "Kalau itu dilakukan, insyaallah akan lancar,” tuturnya.

Ia optimistis jalannya pesta demokrasi di Kabupaten Malang berjalan dengan aman, lancar dan kondusif. (*)

 

Tombol Google News

Tags:

Bawaslu Kabupaten Malang Masa Tenang Kabupaten Malang pemilu2024