Gelisa Halsel Gelar BABACA Jilid II, Bupati Halsel Ingatkan Membaca adalah Wahyu Pertama

Jurnalis: Mursal Bahtiar
Editor: M. Rifat

24 Maret 2024 01:43 24 Mar 2024 01:43

Thumbnail Gelisa Halsel Gelar BABACA Jilid II, Bupati Halsel Ingatkan Membaca adalah Wahyu Pertama Watermark Ketik
Bupati Halsel Hasan Ali Bassam Kasuba membuka kegiatan Babaca (23/3/2024). (Foto: Amrul/Ketik.co.id)

KETIK, HALMAHERA SELATAN – Gerakan Literasi Saruma (Gelisa) kembali menggelar Bacan Membaca (BABACA) jilid II yang resmi dibuka Bupati Kabupaten Halmahera Selatan Hasan Ali Bassam Kasuba pada Sabtu, (23/3/2024).

Dalam sambutannya, Bassam Kasuba mengajak masyarakat Halmahera Selatan (Halsel) khususnya generasi muda menumbuhkan semangat minat baca.

“Perkembangan informasi hari ini cukup kuat, kiranya dengan kegiatan Bacan Membaca ini saya mengajak masyarakat Halsel untuk meningkatkan dan menumbuhkan minat baca terutama di kalangan generasi muda.” kata Bupati.

Ajakan Bassam tersebut merujuk pada data Unesco terkait minat baca di Indonesia yang hanya berkisar di angka 0,0001 persen. Bassam berharap, kegitan BABACA dapat menjadi nuansa literasi yang berdaya guna untuk daerah.

“Kalau kita lihat data dari Unesco, angka ini menunjukkan bahwa minat baca masyarakat kita masih rendah. Karna itu kita berharap kegiatan ini memberikan nuansa literasi di Halsel.” tuturnya.

Selain pernah diundang dalam kegiatan BABACA ke I tahun sebelumnya, Bupati Bassam juga mengapresiasi kegiatan Gelisah yang menghadirkan Haris Azhar sebagai narasumber yang didampingi langsung Kasdim Labuha.

Foto Bupati Bassam Kasuba dan Hariz Azhar Beserta sejumlah anggota Gelisa (Foto Amrul)Bupati Bassam Kasuba dan Hariz Azhar Beserta sejumlah anggota Gelisa (Foto: Amrul/Ketik.co.id)

“Saya apresiasi teman-teman dari Gerakan Literasi Saruma yang sudah menggagas kegiatan ini. Saya sudah dua kali diundang. Saat itu saya masih jadi wakil bupati.” ujar Bassam Kasuba.

Sebagaimana dalam Al-Qur’an surat Al-Alaq ayat 1 Bassam menjelaskan, Bahwa membaca adalah Wahyu pertama yang di terima manusia Paripurna Nabi Muhammad SAW.

Sebagai seorang Muslim, Bassam mengingatkan, surat Al-Alaq tidak hanya mengajarkan manusia untuk membaca buku. Tetapi membaca informasi serta alam dan lingkungan di mana tempat manusia hidup.

“Berkaitan dengan membaca, ini wahyu pertama kali yang diterima oleh Rasulullah SAW. yang mengajarkan manusia untuk membaca. Tidak hanya membaca buku, tetapi juga informasi yang benar dan lingkungan di sekitarnya.” tandasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Gelisa Gerakan Literasi Saruma Babaca Bacan membaca Resmi di buka Bupati Halmahera Selatan Bassam Kasuba Wahyu pertama membaca Surat Al-Alaq