Gina Belanza Mulia, Gen Z Jadi Legislator Termuda di Parlemen Bondowoso

Jurnalis: Ari Pangistu
Editor: Muhammad Faizin

23 Agustus 2024 08:40 23 Agt 2024 08:40

Thumbnail Gina Belanza Mulia, Gen Z Jadi Legislator Termuda di Parlemen Bondowoso Watermark Ketik
Gina Belanza Mulia saat berfoto bersama kedua orang tua dan suaminya (Humas Kominfo Bondowoso for ketik.co.id)

KETIK, BONDOWOSO – Anggota DPRD Bondowoso periode 2024-2029 resmi dilantik pada Jum’at (23/8/2024). Dari puluhan anggota dewan yang baru, diketahui salah seorang di antaranya masih berusia 24 tahun.

Adalah Gina Belanza Mulia. Wanita kelahiran Bondowoso 1 Juni 2000 itu, tak hanya menjadi salah satu dari delapan orang keterwakilan perempuan terpilih di legislatif. Namun, juga merupakan anggota DPRD termuda di periode kali ini. 

Berangkat dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) perempuan akrab disapa Gina itu, berhasil meraup suara di dapil I (Kecamatan Bondowoso, Tenggarang, dan Wonosari) mencapai 5.038. Suara ini tercatat merupakan perolehan tertinggi di Dapil I dari PKB. 

Perolehan suara yang tinggi ini, bagi Gina merupakan amanah yang nantinya menjadi motivasi bahwa kehadirannya tak hanya sebagai “pelengkap” keterwakilan perempuan. Namun, benar-benar menjadi representasi perempuan, anak muda gen Z di gelanggang parlemen Bondowoso. 

Untuk itu, dirinya siap untuk lebih aktif dan lebih berkontribusi dalam menyuarakan harapan-harapan konstituen perempuan, dan anak muda ke depan.

“Saya harus terlibat aktif di DPRD, harus berani berbicara, ini amanah bagi saya,” ujar alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Malang. 

 

Foto Gina Belanza Mulia (kerudung hijau) saat mengikuti prosesi pelantikan DPRD Jum’at (23/8/2024) (Humas Kominfo Bondowoso for Ketik.co.id)Gina Belanza Mulia (kerudung hijau) saat mengikuti prosesi pelantikan DPRD Jum’at (23/8/2024) (Humas Kominfo Bondowoso for Ketik.co.id)

 

Wanita yang kini menempuh pendidikan S2 Fakultas Hukum Universitas Indonesia itu, mengatakan bahwa menjadi anggota dewan memang bukan cita-citanya sejak kecil. Karena, dia memimpikan dirinya menjadi seorang pengacara. 

Namun seiring berjalannya waktu, Gina meyakini melalui politik dirinya juga semakin bisa membuka lebar pintu kontribusi pengabdian pada masyarakat. 

Keyakinan itu terus bertumbuh setelah dirinya banyak terlibat aktif di parlemen kecil di tempatnya berkuliah. Kemudian, juga menjadi kader HMI Malang. 

Belum lagi lingkungan keluarga yang mayoritas merupakan para pelaku politik membuatnya semakin melek politik. Bahkan, wanita yang lulus pada Juni 2023 S1 Hukum Unmuh Malang itu, meyakini bahwa buta yang paling utama adalah buta politik. 

Karena menurut putri pertama Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Bondowoso itu, politik sendiri merupakan pondasi utama kebijakan. Dan masyarakat tidak akan pernah tahu bagaimana negara ini berjalan, dan bagaimana kebijakan diambil jika tak masuk ke politik. 

“Makanya anak muda harus mengerti politik,” pungkasnya. 

Tombol Google News

Tags:

Bondowoso DPRD Bondowoso Anggota DPRD termuda hmi pkb