Gubernur Khofifah Lepas 2 Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka ke Istana Negara

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

13 Juli 2023 11:16 13 Jul 2023 11:16

Thumbnail Gubernur Khofifah Lepas 2 Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka ke Istana Negara Watermark Ketik
Gubernur Khofifah bersama 2 Capaska asal Jatim, (13/7/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, Kamis (13/7/2023) melepas dua Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Capaska) di Gedung Negara Grahadi Surabaya. Kedua capaska tersebut akan mewakili Provinsi Jawa Timur sebagai Paskibraka Nasional dalam upacara kemerdekaan yang nantinya akan dilaksanakan di Istana Merdeka Jakarta pada Agustus mendatang.

Mereka yang terpilih adalah Wira Yudha (SMAN 1 Geger Kabupaten Madiun) dan Kirei Na Hana Ramadhani (SMA Negeri 2 Pare Kabupaten Kediri). Saat menjamu mereka di Gedung Negara Grahadi Gubernur Khofifah berpesan untuk menjaga lingkungan mereka agar selalu kondusif dan sehat.

"Saya juga meminta agar mereka menjauhi Narkoba. Betapa bahayanya Narkoba jika sampai mengkonsumsinya," tegas Khofifah.

Mantan Menteri Sosial tersebut menambahkan, pengalaman menjadi Paskibraka Nasional bukanlah pengalaman yang main-main. Ini adalah pengalaman berharga yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin, karena merekalah yang nantinya akan menjadi pemimpin di Indonesia emas 2025.

"Tadi saya tanya Yudha ingin jadi Akmil dan Kirei ingin jadi Akpol. Tentu untuk mencapai itu semua diperlukan lingkungan dan tubuh yang sehat. Karena mereka adalah calon pemimpin Indonesia di Masa depan," tambah Khofifah 

Sementara itu ditemui di tempat yang sama Kirei mengaku seleksi untuk mengikuti Paskibraka Nasional bisa dibilang cukup berat. Dirinya harus bersaing dengan ratusan kandidat yang juga memiliki mimpi yang sama. Oleh sebab itu dirinya berusaha sekuat tenaga berlatih, hingga akhirnya dapat terpilih.

"Persiapan yang saya lakukan antara lain adalah fisik seperti jogging dan yang paling penting adalah mental," ungkap Kirei.

Hal serupa juga diutarakan oleh siswa asal Madiun Yudha, pemuda yang bercita cita melanjutkan pendidikan di Akademi Militer ini menuturkan, persiapan fisik merupakan tantangan tersendiri dalam mengikuti seleksi Paskibraka Nasional. Agar dapat lolos dirinya rajin berlatih fisik 4 jam dalam sehari.

"Jadi memang tantangan terbesarnya adalah seleksi dari fisik. Untuk mempersiapkan diri dalam sehari saya berlatih selama 4 jam," pungkas Wira.

Sebagai informasi, Seleksi Paskibraka Tingkat Provinsi Jawa Timur dan Tingkat Nasional tahun 2023 diikuti oleh 228 (dua ratus dua puluh delapan) pelajar kelas X setingkat SMA/SMK/MA dari 38 Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

Setiap kabupaten/kota mengirimkan 3 pasang (6 orang siswa). Dari 228 (dua ratus dua puluh delapan) orang pelajar yang mengikuti seleksi Paskibraka Tingkat Provinsi dan Tingkat Nasional Tahun 2023 telah terpilih sebanyak 76 orang (38 pasang) menjadi Paskibraka Provinsi Jawa Timur dan 2 orang (1 pasang) menjadi Paskibraka Nasional. (*)

Tombol Google News

Tags:

Paskibraka nasional Capaska Pendidikan Gubernur Khofifah PPI 17 agustus 1945 Upacara Khofifah