Gus Muhdlor Kukuhkan Aliansi BEM Delta, Ajak Mahasiswa Mengabdi untuk Sidoarjo

Jurnalis: Fathur Roziq
Editor: Mustopa

15 Januari 2024 18:01 15 Jan 2024 18:01

Thumbnail Gus Muhdlor Kukuhkan Aliansi BEM Delta, Ajak Mahasiswa Mengabdi untuk Sidoarjo Watermark Ketik
Gus Muhdlor memasangkan selempang kepada pengurus Aliansi BEM Delta Sidoarjo di Pendapa Delta Wibawa pada Senin (15/1/2024). (Foto: Dinas Kominfo Sidoarjo)

KETIK, SIDOARJO – Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa atau BEM Delta telah terbentuk. Gus Muhdlor mengukuhkan 24 mahasiswa pengurus Aliansi BEM Delta itu di Pendapa Delta Wibawa pada Senin (15/1/2024).

Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi BEM Delta Sidoarjo itu berasal dari delapan perguruan tinggi di Kabupaten Sidoarjo.

Ada perwakilan dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), Poltekkes Kerta Cendekia, STKIP PGRI Sidoarjo, STAI An Najah Indonesia Mandiri, Institut Agama Islam Al-Khoziny, Universitas Ma’arif Hasyim Latif, Unusida, serta Universitas Anwar Medika. Mereka sepakat bergabung dalam Aliansi BEM Delta.

Kepada anak-anak muda itu, Gus Muhdlor berharap perguruan tinggi di Kabupaten Sidoarjo mampu mencetak mahasiswa yang siap mengabdi serta siap mencurahkan pikiran dan tenaganya untuk kemajuan Sidoarjo.

Menurut Gus Muhdlor, menjadi mahasiswa yang pintar saja sebenarnya mudah, tetapi yang susah dan langka adalah menjadi mahasiswa yang mampu mengabdi untuk Kabupaten Sidoarjo.

”Untuk itu saya minta kepada rektor yang ada di sini, cetaklah mahasiswa yang memiliki pengabdian besar untuk Sidoarjo,” ucap Gus Muhdlor saat memberikan sambutan di hadapan pimpinan perguruan tinggi dan mahasiswa.  

Gus Muhdlor menambahkan, saat ini mahasiswa harus memiliki soft skill atau kemampuan dalam berinteraksi dengan orang lain. Mahasiswa dituntut memiliki kemampuan berkomunikasi, berkoordinasi, dan memecahkan masalah.

Kemampuan itu akan menjadi bekal mahasiswa untuk menjadi pemimpin pada masa depan.

Gus Muhdlor menegaskan, setelah dikukuhkan, Aliansi BEM Delta diharapkan mempunyai fungsi koordinatif  dalam mengakses program Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Ia telah memfasilitasi anak-anak muda yang telah mengabdikan diri demi Sidoarjo.

Pada 2023, sudah ada beasiswa, seperti untuk paskibra maupun prestasi-prestasi lain. Untuk tahun 2024, harus ada formula baru agar tidak hanya yang pintar saja yang bisa mendapat beasiswa. "Namun, mereka yang pintar sekaligus punya pengabdian dan rasa memiliki Kabupaten Sidoarjo,” harap Gus Muhdlor.

Koordinator Aliansi BEM Delta M. Aditya Fathurrahman mengatakan, arah dan gerak Aliansi BEM Delta Sidoarjo adalah mewujudkan pergerakan mahasiswa di seluruh Kabupaten Sidoarjo agar selalu berdaya saing tinggi. Baik dalam lingkungan internal maupun eksternal perguruan tinggi.

”Kami siap berkolaborasi dengan seluruh instansi, pejabat, pendidikan, atau lainnya dalam mengabdikan diri bagi Kabupaten Sidoarjo,” katanya.

Aliansi BEM Delta juga akan memperkenalkan aplikasi Youth Connect. Aplikasi ini merupakan hasil kerja sama dengan Dewan Pemuda.(*)

Tombol Google News

Tags:

Gus Muhdlor sidoarjo BEM Delta Mahasiswa Sidoarjo Aliansi BEM Delta Bupati Sidoarjo Pendidikan Umsida Unusida