Hadiri Rakercab, Kwarda Jatim Ajak Pramuka Kota Malang Produktifkan Aset Lahan Tidur

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Gumilang

27 Januari 2024 04:50 27 Jan 2024 04:50

Thumbnail Hadiri Rakercab, Kwarda Jatim Ajak Pramuka Kota Malang Produktifkan Aset Lahan Tidur Watermark Ketik
Wakil Sekretaris Pramuka Kwarda Jatim, Kiagus Firdaus saat memberikan sambutan pada Rakercab Pramuka Kota Malang tahun 2024. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Timur turut hadir dalam Rapat Kerja Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Malang pada Sabtu (27/1/2024). Wakil Sekretaris I Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur, Kiagus Firdaus berpesan untuk mewujudkan gagasan pramuka produktif. 

Menurutnya, agenda Rapat Kerja kali ini menjadi momentum Kwarcab Pramuka Kota Malang dapat menciptakan sinergi yang linear dengan salah satu program prioritas Kwarda Jatim. 

"Kami dari Kwarda Jatim mengajak dan menekankan agar program tahun 2024 yang dibentuk oleh Pramuka Kwarcab Kota Malang bisa linear. Salah satunya adalah Pramuka produktif," ujar Kiagus kepada media nasional ketik.co.id. 

Foto Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat bersama Kiagus Firdaus. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat bersama Kiagus Firdaus Wakil Sekretaris Kwarda Jatim. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

Segala bentuk potensi yang dimiliki oleh para anggota pramuka, kata ia, tidak dapat disia-siakan. Terlebih di dalam jiwa para anggota Pramuka telah tertanam Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka. 

"Selama ini Pramuka hanya dikenal dengan kegiatan kemah dan tali temalinya. Kita tidak bisa mengabaikan potensi para anggota dalam gerakan Pramuka. Kegiatan Pramuka adalah mengamalkan Dasa Dharma Pramuka, bekerja dengan keikhlasan dan tanpa pamrih" tegasnya.

Menurutnya, dengan berpegang keyakinan tersebut, Pramuka dapat berkontribusi dalam kegiatan ketahanan energi dan pangan, khususnya di Kota Malang. Banyak sekali aset pemerintah daerah yang tidak produktif selama ini bisa diberdayakan dengan penggunaannya dikelolakan kepada Pramuka agar bisa produktif ditanami seperti jagung, ketela bahkan cabai sehingga memberikan hasil produktif. 

Foto Pemberian penghargaan oleh Pramuka Kwarcab Kota Malang (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)Pemberian penghargaan oleh Pramuka Kwarcab Kota Malang (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

"Seperti Kwarda Jatim sejak tahun 2021 bekerjasama dengan Dinas Pertanian, Perkebunan dan Perikanan untuk mengelola aset Pemprov Jatim yang tidur. Aset tersebut sudah dimanfaatkan dan dikelola hingga panen seperti jagung dan ketela. Bersama anggota Kwarcab dibeberapa Kabupaten Kota yang telah bekerjasama dapat merasakan panen jagung dan ketela. Tentu akan menjadi sumber pendapatan dan prestasi bagi Kwarcab setempat," tambah Kiagus Firdaus yang juga CEO ketik.co.id ini.

Ia berharap Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Malang mampu berperan aktif dalam membantu mewujudkan ketahanan pangan dan energi. Pada kesempatan tersebut Kiagus Firdaus juga meminta langsung kepada Kamabicab Kota Malang yang juga Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat agar aset-aset Pemkot Malang yang selama ini tidak produktif bisa segera di tahun 2024 ini ada yang bisa dikelola oleh Kwarcab Kota Malang agar produktif dan menghasilkan.

Menyambut pesan dari Kwarda Jatim, Kamabicab Pramuka Kota Malang Kakak Wahyu Hidayat langsung mengapresiasi dan memuji program Kwarda Jatim Pramuka Produktif serta akan segera menduplikasinya di Kota Malang.

"Kami tegak lurus dan linear dalam mengamalkan Tri Satya dan Dasa Dharma untuk membantu kesejahteraan Indonesia," tutupnya. Sebagai informasi, pada Rapat Kerja Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Malang tersebut juga dihadiri Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pramuka Kota Malang Pramuka Kwarda Jatim Pramuka Produktif Kiagus Firdaus Kota Malang Pramuka Kwarda Jatim Kwarcab Kota Malang pj wali kota malang Wahyu Hidayat
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1