Hanya untuk Pengguna Premium, Berikut Cara Mematikan Fitur AI pada LinkedIn

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

13 Mei 2024 06:10 13 Mei 2024 06:10

Thumbnail Hanya untuk Pengguna Premium, Berikut Cara Mematikan Fitur AI pada LinkedIn Watermark Ketik
Media sosial Linkedln. (Foto: tangkapan layar)

KETIK, JAKARTA – Seperti diketahui jika media sosial Linkedln memiliki fitur yang didukung oleh kecerdasan buatan atau AI. Fitur AI ini berguna untuk membantu pengguna menemukan pekerjaan baru, menulis pesan, terhubung dengan orang lain, dan membangun profil serta deskripsi pekerjaan.

Walaupun memiliki manfaat yang besar, akan tetapi masih banyak orang yang memilih melakukan pencarian kerja secara manual atau menggunakan tenaga manusia. Oleh sebab itu bagi anda yang ingin mematikan fitur AI berikut ini langkah yang bisa dilakukan.

Sebelum memulai, integrasi AI LinkedIn disediakan untuk pengguna Premium. Artinya, pengguna gratis tidak perlu repot jika ingin melewatkan AI di LinkedIn. 

LinkedIn saat ini menggunakan AI di halaman pekerjaan, alat perekrutnya, di bawah postingan, dan di sebagian besar kotak teks.

Cara mematikan AI LinkedIn

Dilansir dari Suara.com jaringan media nasional Ketik.co.id jika sebagian besar fitur AI LinkedIn tidak dapat dimatikan, sehingga pilihan terbaik adalah hanya mendaftar ke tingkat Premium dengan fitur yang diinginkan.

Daftar singkat fitur AI yang tersedia terlihat saat mendaftar. Setelah mendaftar, pengguna dapat memeriksa ulang fitur AI mana yang dapat pengguna akses dengan mengeklik tab “See your Premium features” di pojok kiri atas situs.

Oleh karena itu, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi prevalensi AI di feed. Cara paling cepat untuk menonaktifkan AI LinkedIn adalah di perekrut LinkedIn, di mana kemampuan untuk mengirim pesan dengan bantuan AI dapat dimatikan di tingkat admin.

Untuk menonaktifkan pesan yang dibantu AI di alat admin LinkedIn Recruiter, arahkan kursor ke profil pengguna di beranda Recruiter dan klik Product Settings. Navigasikan ke Company Settings > Preferences di sisi kiri dan klik Edit di bawah Enable AI-assisted message auto-draft. Matikan pesan yang dibantu AI dan klik simpan.

Semua pengguna lain dapat dengan mudah mengabaikan pesan LinkedIn yang dibantu AI, meskipun tidak dapat langsung menonaktifkannya. Itu karena pesan AI saat ini hanya terlihat ketika mengklik Message di bagian Meet the hiring team di halaman pekerjaan atau di bagian perkenalan di profil pengguna lain. 

Sayangnya, tidak ada cara untuk mencegah prompt Write with AI muncul saat menulis postingan baru atau mengedit profil pengguna.

Saat mengedit bagian Headline atau About di profil, kotak Write with AI akan muncul di bawah kotak teks dengan kilauan emas di sebelahnya dan tag Premium di sebelah kanan. 

Hindari mengkliknya agar tidak menggunakan AI. Jika pengguna tidak menyukai saran AI, pengguna dapat mengklik tombol Revert untuk membatalkan perubahannya dan tombol Thumbs Down untuk menandai saran tersebut sebagai buruk.(*)

Tombol Google News

Tags:

teknologi media sosial fitur AI Lowongan Kerja LinkedIn Premium