Hati-Hati! Inilah Dampak Buruk Kopling Mobil Selip

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

25 Februari 2024 06:44 25 Feb 2024 06:44

Thumbnail Hati-Hati! Inilah Dampak Buruk Kopling Mobil Selip Watermark Ketik
Ilustrasi mesin mobil. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Kopling merupakan salah satu komponen penting di dalam mesin mobil yang berguna untuk menjaga putaran mesin dan membantu kinerja transmisi. Fungsi kopling pada mobil yaitu sebagai media yang menghubungkan dan memutuskan putaran mesin ke bagian transmisi.

Melihat fungsinya yang sangat vital, perlu dilakukan perawatan kopling mobil agar performa mesin tetap optimal.

Masalah yang sering timbul pada kopling kendaraan adalah selip. Kopling yang selip tentu saja dapat mengganggu kinerja mesin yang mengakibatkan tenaga tidak bisa disalurkan ke roda secara maksimal.

Berikut ini adalah dampak yang akan terjadi saat kopling mobil selip.

1.Boros Bahan Bakar

Karena tenaga tidak bisa tersalurkan dengan baik oleh tramsmisi, mesin dipaksa bekerja lebih keras agar mobil dapat melaju sesuai dengan yang diinginkan. Hal ini akan membuat kendaraan menjadi lebih boros bahan bakar. 

2. Kehilangan Tenaga

Karena tenaganya tidak bisa tersalurkan dengan baik, otomatis dalam proses pembakaran bahan bakar mesin akan terasa kurang bertenaga. Karena tenaganya tidak dapat disalurkan ke transmisi.

3. Mogok

Selain kedua dampak buruk yang telah disebutkan sebelumnya, pada kasus yang lebih parah mesin kendaraan akan mogok atau hanya bisa menggerung tanpa memiliki tenaga untuk bergerak.(*)

Tombol Google News

Tags:

otomotif Mesin Mobil Kopling selip Kompnen Mesing Transmisi Bahan Bakar