Hati-Hati! Inilah Efek Buruk Konsumsi Miras Oplosan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

12 Maret 2024 06:14 12 Mar 2024 06:14

Thumbnail Hati-Hati! Inilah Efek Buruk Konsumsi Miras Oplosan Watermark Ketik
Ilustrasi miras. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Minuman keras (miras) oplosan kembali jadi perbincangan setelah mantan kiper timnas Indonesia Kurnia Meiga diketahui mengalami kebutaan. Kebutaan yang dideritanya disebut akibat dari kegemarannya meminum miras oplosan sejak usia 18 tahun. 

Hal tersebut diungkapkan oleh sang mantan istri Kurnia Meiga, Azhiera Adzka Fathir. Menurutnya selama 9 tahun membina rumah tangga, Kurnia Meiga sering sekali mabuk-mabukan. 

Azhiera sudah berusaha menghentikan kebiasaan buruk mantan suaminya, akan tetapi semua itu percuma. Meiga tetap gemar mabuk-mabukan bersama teman temannya.

"Penyebab sakitnya itu alkohol, dokter udah bilang, bukan disantet," ungkap mantan istri Kurnia Meiga, Azhiera Adzka Fathir di kanal YouTube Denny Sumargo dilihat Selasa (12/3/2024).

Seperti diketahui, konsumsi alkohol yang berlebihan dapat berdampak buruk terhadap kesehatan fisik, mental, dan hubungan sosial seseorang. 

Apalagi jika yang dikonsumsi merupakan miras oplosan yang tidak jelas keamanannya. Hal ini karena miras jenis ini mengandung zat methanol yang berbahaya. Lalu seperti apa dampak buruk dari miras oplosan bagi kesehatan, berikut ulasannya.

1. Merusak Penglihatan

Zat berbahaya methanol yang ada pada miras oplosan diketahui memiliko efek racun pada penglihatan manusia. Orang yang gemar mengonsumsi miras oplosan berisiko mengalami kerusakan penglihatan seperti pandangannya dihalangi tirai hitam. Kondisi ini sulit diobati, bahkan bersifat permanen.

2. Gangguan Pernafasan

Orang yang minum miras oplosan umumnya mengeluhkan napas melambat dan tersengal-sengal. Di tahap lebih parah, seseorang dapat mengalami henti napas dan henti jantung.

3. Pankreatitis 

Efek buruk selanjutnya dari miras oplosan adalah peradangan yang terjadi di dalam pankreas atau biasa dikenal pankreatitis akut. Kondisi ini ditandai dengan nyeri hebat di bagian perut atas. Jika tidak segera diobati, berisiko menimbulkan komplikasi kerusakan jaringan pankreas permanen.

4. Hepatitis

Miras oplosan dapat merusak sel-sel hati secara permanen yang memicu terjadinya hepatitis. Penyakit ini akan menyebabkan gangguan sistem metabolisme.

5. Sirosis Hati

Konsumsi alkohol, termasuk miras oplosan bisa menjadi salah satu penyebab sirosis hati, yakni jaringan parut pada organ hati. Jika dibiarkan, bisa menyebabkan kerusakan permanen pada organ hati dan berujung pada kematian.(*)

Tombol Google News

Tags:

miras oplosan Methanol gangguan kesehatan penglihatan Pankreatitis Sirosis hati Hepatitis