HUT ke-110 Kota Malang, Pemkot Gratiskan 7 Titik Parkir

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Naufal Ardiansyah

27 Maret 2024 09:45 27 Mar 2024 09:45

Thumbnail HUT ke-110 Kota Malang, Pemkot Gratiskan 7 Titik Parkir Watermark Ketik
Parkir bertingkat yang ada di area MOG yang telah terintegrasi dengan sistem e-parkir. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-110 Kota Malang akan segera dirasakan oleh masyarakat. Bukan hanya perayaan seremonial, Pemerintah Kota Malang akan memberikan hadiah berupa parkir gratis sepanjang 1 April 2024.

Layaknya tagline HUT ke-110 Kota Malang yakni Berselaras untuk Kota Malang Berkelas, Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat menyebut parkir gratis menjadi wujud keselarasan yang diidam-idamkan. Namun ia menggaris bawahi bahwa kebijakan parkir gratis hanya berlaku selama satu hari di tanggal 1 April 2024.

"Sempat saya minta pada saat hari jadi nanti tanggal 1 April nanti semua parkir yang ada di Kota Malang gratis. Satu hari saja nanti parkir gratis jadi tidak ada penarikan," ujar Wahyu, Kamis (27/3/2024).

Sayangnya, tidak semua area diberlakukan parkir gratis. Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Parkir Dishub Kota Malang, Mustaqim menyebut kebijakan tersebut hanya berlaku di lokasi e-parkir.

"Memang khusus di lokasi e-parkir saja. Kalau semuanya, misal di parkir tepi jalan juga, ya tidak mungkin. Kan ada masyarakat yang menjadi jukir," terang Mustaqim.

Dari banyaknya titik parkir di Kota Malang hanya ada 7 titik yang diberlakukan parkir gratis. Ketujuh titik tersebut di antaranya Pasar Madyopuro, Balai Kartini, Malang Creative Center (MCC), Block Office, RSUD Kota Malang serta dua titi e-parkir di Mal Olympic Garden (MOG).

"Ketujuh titik e-parking itu kan dikelola langsung oleh Dishub, dan penerimaannya langsung ke Pendapatan Asli Daerah (PAD). Jadi akan digratiskan satu hari penuh," lanjutnya.

Meskipun telah digratiskan, masyarakat yang mengakses parkir di titik-titik tersebut tetap diminta membawa kelengkapan surat dan ketentuan wajib dalam berkendara. Mengingat selama penerapan gratis parkir pada HUT ke-110 Kota Malang, petugas tidak akan memberikan karcis parkir.

"Kalau karcis parkir dikeluarkan itu kan ada biaya atau tarifnya. Makanya harus bawa STNK. Kan dijaga oleh petugas Dishub disana," tutupnya.

Tombol Google News

Tags:

Parkir gratis Hari Jadi Kota Malang HUT ke-110 Kota Malang e-Parkir Kota Malang