Ikhtiar Tingkatkan Kesejahteraan, Bupati Halsel Serahkan 413 Mesin Ketinting ke Kelompok Nelayan

Jurnalis: Mursal Bahtiar
Editor: Muhammad Faizin

25 Juli 2024 13:00 25 Jul 2024 13:00

Thumbnail Ikhtiar Tingkatkan Kesejahteraan, Bupati Halsel Serahkan 413 Mesin Ketinting ke Kelompok Nelayan Watermark Ketik
Bupati Halal, Bassam Kasuba; Kadis Perikanan, Idris Ali, dan sejumlah nelayan penerima Mesin Ketinting saat berfoto bersama (Foto: Mursal Bahtiar/Ketik.co.id)

KETIK, HALMAHERA SELATAN – Bupati Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Hasan Ali Bassam Kasuba, menyerahkan 413 mesin ketinting kepada kelompok nelayan. 

Kelompok nelayan yang menerima bantuan mesin ketinting dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Halsel ini, tersebar di lima zona diantaranya, zona Gane, Bacan, Botang Loman dan Kasiruta Timur.

“Saya berharap, bantuan yang diserahkan dimanfaatkan sesuai peruntukanya. Jangan gunakan bantuan untuk hal-hal yang tidak berdampak pada peningkatan ekonomi keluarga,” ungkap Bupati Bassam, saat menyampaikan sambutannya di acara penyerahan bantuan di kantor DKP Halsel, Kamis (25/7/2024).

Orang nomor satu di Pemda Halsel ini mengajak para nelayan untuk menjaga ekositem laut. Karena ekositem laut merupakan tempat untuk mencari hidup bagi para nelayan.

“Nelayan harus mampu menjaga laut, tidak boleh merusak terumbu karang, jangan membuang sampah ke laut. Karena membuang sampah ke laut resikonya cukup besar dan mempengaruhi pertumbuhan biota laut,” ujarnya.

Politisi PKS Halsel ini bahkan sedikit menceritakan kisahnya pada waktu masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Saat itu, dirinya tinggal di Desa Bibinoi Kecamatan Bacan Timur Tengah, dan di depan kampung halamanya masih terdapat banyak terumbu karang. Kala itu para nelayan tidak perlu jauh jauh untuk memancing ikan, karena memancing ikan di depan kampung saja sudah dapat hasil yang memuaskan.

“Dari usia saat itu, sekarang sudah 25 tahun dan apa yang terjadi, terumbu karang di laut sudah hancur akibat aktivitas pengeboman ikan. Apakah, hal seperti ini kita biarkan lagi untuk generasi kita 25 tahun ke depan, tentu tidak. Olehnya itu, saya mengajak kepada kita semua untuk tetap menjaga laut kita demi generasi kita kedepan,” tandasnya.

Hadir dalam acara penyerahan bantuan ketinting Kadis KP Idris Ali, para kepala bidang, serta kelompok nelayan penerima bantuan. (*) 

Tombol Google News

Tags:

halmahera selatan Maluku Utara Hasan Ali Bassam Kasuba Kelompok Nelayan Mesin Ketinting Terumbu karang