Inovasi Dakwah Digital, Masjid Nasional Al Akbar Surabaya Luncurkan Virtual Tour

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Marno

22 Maret 2023 14:59 22 Mar 2023 14:59

Thumbnail Inovasi Dakwah Digital, Masjid Nasional Al Akbar Surabaya Luncurkan Virtual Tour Watermark Ketik
Virtual tour Masjid Nasional Al Akbar Surabaya. (Foto: Tangkapan layar virtual tour Masjid AL Akbar)

KETIK, SURABAYA – Kado terbaik diberikan Masjid Nasional Al Akbar Surabaya pada bulan Ramadan 1444 Hijriah ini. Masjid kebanggan warga Jawa Timur dan Indonesia itu kini memiliki aplikasi Virtual Tour seperti di Masjidil Haram Mekah dan Masjid Nabawi Madinah.

Program ini dilaunching bersamaan dengan pembukaan Festival Ramadhan GenZi (Generasi Z Islami) 1444 H. Acara tersebut dihadiri Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di selasar utama Masjid Nasional Al Akbar, Surabaya pada Selasa (21/3/2023).

Fungsi Virtual Tour ini akan memudahkan masyarakat untuk lebih mengenal Masjid Al Akbar secara detil melalui gadget sekaligus menjadi alternatif virtual berbasis religi.

Inovasi dakwah digital ini juga sejalan dengan trend Gen-Z masa kini serta menguatkan brand Masjid Al Akbar Ramah Gen-Z dan Milenial.

Tema Gen Z diusung karena dalam Ramadan beberapa tahun terakhir jamaah masjid Al-Akbar Surabaya didominasi remaja.

Foto Virtual tour Masjid Nasional Al Akbar Surabaya. (Foto: Tangkapan layar virtual tour)Virtual tour Masjid Nasional Al Akbar Surabaya. (Foto: Tangkapan layar virtual tour)

"Mulai tahun kemarin pada saat 10 hari terakhir rupanya 70% sudah milenial, jadi format-format peribadatan di 10 hari terakhir sudah lebih banyak milenial. Ini menjadi bagian penting bagaimana mereka mencintai masjid," ucap Gubernur Khofifah.

Badan Ketua Pelaksana Pengelola Masjid Al Akbar H. M. Sudjak mengatakan, virtual tour ini diperuntukkan bagi mereka yang ingin menikmati keindahan Masjid Al-Akbar tapi belum sempat berkunjung.

Dia berharap inovasi Masjid Nasional AL Akbar ini bisa membuat masjid ini dipenuhi oleh jamaah muda dari berbagai kalangan.

"Dengan demikian, Ramadan tahun ini akan penuh dengan semangat jamaah yang antusias menyambut ceria datangnya bulan suci," ucapnya.

Virtual tour Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya bisa diakses melalui link berikut ini: http://masjidalakbar.or.id/virtualtour. (*)

Tombol Google News

Tags:

Al Akbar Virtual tour Surabaya masjid nasional