Inovasi Disnaker Kabupaten Malang, Gandeng RSU Pindad Buka MCU bagi Calon Pekerja Migran

Jurnalis: Gumilang
Editor: Naufal Ardiansyah

6 November 2023 13:32 6 Nov 2023 13:32

Thumbnail Inovasi Disnaker Kabupaten Malang, Gandeng RSU Pindad Buka MCU bagi Calon Pekerja Migran Watermark Ketik
RSU Pindad ketika memberikan tanda mata kepada Wabup Malang Didik Gatot Subroto ketika peresmian MCU bagi Calon Pekerja Migran Indonesia. (Foto: Prokopim Kabupaten Malang).

KETIK, MALANG – Disnaker Kabupaten Malang terus berupaya menciptakan inovasi. Terbaru, bersama RSU Pindad Turen yang membuka Medical Check Up atau MCU bagi Calon Pekerja Migran Indonesia.

Layanan MCU tersebut diresmikan Wabup Malang Didik Gatot Subroto, Senin, (6/11/2023). Hadir pada peresmian itu, Kadisnaker Kabupaten Malang, Yoyok Wardoyo dan Direktur Operasional PT Pindad Medika Utama dr. Zul Kurniawan.

Wabup Malang Didik Gatot Subroto memberikan apresiasi atas inovasi dari Disnaker Kabupaten Malang yang membuka layanan MCU bagi Calon Pekerja Migran Indonesia.

"Tentunya ini semakin memudahkan Calon Pekerja Migran Indonesia untuk melakukan medical check up sebagai syarat berangkat kerja ke luar negeri," kata Didik Gatot Subroto.

Lebih lanjut ia mengatakan, inovasi tersebut merupakan kolaborasi yang apik antara Disnaker Kabupaten Malang dengan RSU Pindad Turen. Terlebih letak faskes berada di Malang Selatan yang banyak Calon Pekerja Migran Indonesia.

"Sesuatu yang luar biasa, gebrakan yang dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja saat ini bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Pindad. Langkah ini menjadi sesuatu yang luar biasa," ucap Didik yang juga Ketua DPC PDI P Kabupaten Malang tersebut.

Dalam memberikan layanan MCU kata dia, maka sudah seharusnya sesuai dengan aturan dan persyaratan yang berlaku. "Apabila ada penyakit yang kronis, tidak boleh diberangkatkan maka tidak boleh dipaksakan," tegasnya.

Sebelum ada inovasi ini kata dia, bagi Calon Pekerja Migran Indonesia melakukan MCU di luar kota. "Kalau bisa dilakukan di Kabupaten Malang, maka akan lebih baik lagi," terangnya.

Penetapan rumah sakit rujukan CPMI kata ia, dilakukan secara selektif untuk menjamin bahwa pekerja Indonesia yang berangkat dari tempat tinggalnya telah memenuhi standar kesehatan yang disyaratkan oleh negara tujuan.

"Pemeriksaan kesehatan bagi warga negara Indonesia yang akan bekerja di luar negeri hanya dapat dilakukan di sarana kesehatan yang berkualitas, terpercaya, dan telah terverifikasi oleh Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI)," bebernya gamblang.

Sebagai informasi, RSU Pindad merupakan satu dari tiga rumah sakit utama di Kabupaten Malang yang menjadi rujukan pemeriksaan kesehatan calon pekerja migran. (*)

Tombol Google News

Tags:

Disnaker Kabupaten Malang Kabupaten Malang Medical check up Calon Pekerja Migran Indonesia