Jadi Hub IKN, Eri Cahyadi Yakin Akan Dongkrak Perekonomian Surabaya

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

14 Agustus 2024 02:30 14 Agt 2024 02:30

Thumbnail Jadi Hub IKN, Eri Cahyadi Yakin Akan Dongkrak Perekonomian Surabaya Watermark Ketik
Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat bersama Gubernur, Wali Kota dan Bupati se Indonesia. (Foto: Diskominfo Surabaya)

KETIK, BALIKPAPAN – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi yakin posisi Kota Surabaya akan diuntungkan dengan adanya pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur. Surabaya akan menjadi hub untuk berbagai penunjang IKN, mulai dari logistik, kebutuhan pangan, sektor jasa, jalur tol laut, dan sebagainya. 

Eri Cahyadi mengatakan adanya pembangunan IKN justru akan berdampak baik pada perkembangan dan pertumbuhan ekonomi di Kota Surabaya. Hal ini tak lain karena posisi Kota Surabaya yang cukup strategis berada di jalur penting pelayaran Indonesia.

"Surabaya akan menjadi HUB untuk operasional IKN, baik dari kebutuhan jasanya, kebutuhan pangan, dan semuanya,” kata Eri saat mengunjungi IKN, Selasa (13/8/2024).

Lebih lanjut, politisi PDIP tersebut juga mengungkapkan kekagumannya terhadap pembangunan IKN, Khususnya istana garuda yang megah. Berbeda dengan bangunan Istana Negara, di Jakarta yang dibangun pada masa kolonial, istana garuda dibangun dan dirancang oleh orang Indonesia.

"Istana garuda ini adalah satu-satunya yang dibangunan istana yang bersejarah dibangun oleh orang Indonesia sendiri,” tambahnya.

Dalam arahannya Presiden Jokowi juga meminta agar seluruh kepala daerah di Indonesia untuk membangun sebuah kota yang memiliki ciri khasnya masing-masing. Ciri khas ini sangat penting karena nantinya akan menjadi identitas dari kota itu sendiri.

Tak hanya itu, Presiden Jokowi juga meminta seluruh kepala daerah agar menyelesaikan realisasi anggaran tahun 2024 di bulan Agustus. 

“Insyaallah bisa segera digedok dan diparipurnakan terkait dengan perubahan anggaran keuangan (PAK), sehingga (anggaran) di tahun 2024 agar bisa dipertanggungjawabkan," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Surabaya Ibu Kota Nusantara Eri Cahyadi Istana Garuda pembangunan IKN Ekonomi Surabaya Logistik IKN Presiden Jokowi AgustusanaIKN