Jalin Kerja Sama Industri, 143 SMK se-Indonesia dan United E-Motor Jatim Tanda Tangani LOI

Jurnalis: Siti Fatimah
Editor: M. Rifat

20 Juni 2024 14:14 20 Jun 2024 14:14

Thumbnail Jalin Kerja Sama Industri, 143 SMK se-Indonesia dan United E-Motor Jatim Tanda Tangani LOI Watermark Ketik
Christian Hartono, Direktur United Motor (tiga dari kanan) saat penandatanganan LOI bersama beberapa kepala sekolah SMK se-Indonesia di Maspion Square Surabaya (20/6/2024). (Foto: Fatimah/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Perkuat koneksi antara SMK dengan industri, untuk pertama kalinya di Indonesia 143 SMK se-Indonesia tanda tangani Letter of Intent (LOI) langsung bersama United E-Motor Jatim di Atriump Utama Maspion Square Surabaya, Kamis (20/6/2024).

Acara yang bertajuk Green Conference: Business & Technology Teaching Factory Industrial Program ini berlangsung ramai dipadati para pendidik dan kepala sekolah SMK seluruh Indonesia.

Beberapa SMK yang hadir di antaranya SMKN 2 Probolinggo, SMKN 2 Buduran Sidoarjo, SMK Sejahtera Surabaya, SMK Yapalis Krian dan SMKN 1 Mlarak Ponorogo.

Hadir juga rombongan berbagai SMK dari Jawa Tengah. Di antaranya seperti SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo, SMK Muhammadiyah 1 Wonosobo, SMKN 2 Demak dan SMK Muhammadiyah 04 Bangsri Jepara.

Kerja sama tertulis dalam LOI ini berisi kesepakatan dan komitmen bersama untuk meningkatkan kompetensi pendidikan vokasi bersama industri United E-Motor.

Foto Kepala sekolah SMKN 2 Probolinggo, Warnoto (kanan) bersama Christian Hartono (kiri) saat penandatanganan LOI (Foto: Fatimah/Ketik.co.id)Kepala sekolah SMKN 2 Probolinggo Warnoto (kanan) bersama Direktur United Motor Christian Hartono (kiri) saat penandatanganan LOI (Foto: Fatimah/Ketik.co.id)

Peningkatan kompetensi ini diaplikasikan melalui kegiatan-kegiatan di bidang motor listrik, seperti pelatihan, kelas industri, pendampingan industri, workshop dan kegiatan lain yang disepakati bersama.

"Mereka (sekolah SMK) nanti bisa jadi partner industri dari United. Akan ada pelatihan, workshop, magang di pabrik-pabrik dan bisnis-bisnisnya United untuk anak-anak SMK ini," terang Oky Tri Hutomo, General Manager Maspion Square Surabaya.

Sejalan dengan itu, Christian Hartono, Direktur PT Integral Motor Main Dealer United E-Motor mengatakan pihaknya memberi kesempatan dan dukungan bagi teman-teman SMK untuk meningkatkan kompetensi dengan bergabung bersama United Motor.

"Kami membuka pelatihan dan kesempatan bagi teman-teman SMK untuk menjadi rujukan sebagai sales maupun after sales," ungkap Christian.

Peluang ini, tambahnya, juga ditujukan untuk para guru dan murid berupa fasilitas teaching factory yang dipersiapkan dalam kurikulum.

Murid-murid SMK akan diajarkan banyak hal soal industri dan bisnis motor listrik. Mulai dari pengenalan motor listrik dasar hingga diajarkan teknis perbaikan jika ada masalah.

"Kami sudah berkolaborasi dengan SMK di Wonoasri Madiun. Di sana kami memberikan pelatihan apa itu United sampai motor listrik sendiri seperti apa," lanjutnya.

Foto Direktur United Motor Christian Hartono (kiri) bersama GM Maspion Square Oky Tri Hutomo (kanan) saat press conference. (Foto: Fatimah/Ketik.co.id)Direktur United Motor Christian Hartono (kiri) bersama GM Maspion Square Oky Tri Hutomo (kanan) saat press conference. (Foto: Fatimah/Ketik.co.id)

Acara ini mendapat apresiasi dari banyak pihak, baik dari industri maupun sekolah-sekolah. Salah satunya SMKN 2 Probolinggo.

"Ini simbiosis mutualisme ya dari kedua belah pihak. Industri butuh sekolah untuk mencari tenaga bertalenta, sekolah juga butuh industri," papar Warnoto, Kepala Sekolah SMKN 2 Probolinggo.

Begitu juga dari SMKN 2 Buduran Sidoarjo. Maria Ernawati, Kepala Sekolah SMKN 2 Buduran Sidoarjo menuturkan acara ini menjadi kesempatan untuk tersambung langsung dengan industri.

"Sekarang itu harus cocok antara industri dengan sekolah. Jadi kegiatan yang diajarkan bapak ibu guru itu harus sesuai dengan industri," ungkap Maria.

Sebagai informasi, Maspion Square sudah bekerja sama dengan 3.397 SMK se-Indonesia di berbagai bidang, termasuk soal industri motor listrik.

Kegiatan ini berlangsung di tengah acara Pameran Motor Listrik Terlengkap di Surabaya yang digelar di Main Atrium Maspion Square, Jalan Ahmad Yani 73  Surabaya.

Acara ini berlangsung pada 13-23 Juni 2024 dengan menghadirkan berbagai brand motor listrik ternama. (*)

Tombol Google News

Tags:

United Motor motor listrik Maspion Square Surabaya pameran motor listrik terlengkap SMK Kerja sama industri