Jelang Panen Raya, Presiden Jokowi Jaga Pasokan Komoditas Utama

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Irwansyah

25 Februari 2023 04:38 25 Feb 2023 04:38

Thumbnail Jelang Panen Raya, Presiden Jokowi Jaga Pasokan Komoditas Utama Watermark Ketik
Presiden Joko Widodo saat melakukan sidak di pasar tradisional. (Foto: Dok. Kepresidenan)

KETIK, JAKARTA – Mendekati panen raya beras tahun ini yang berlangsung Februari hingga awal Maret, Presiden Joko Widodo meminta jajarannya untuk memastikan stok beras aman. 

Dalam rapat terbatas di istana negara Jakarta, Jumat (24/2/2023), Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menjelaskan panen raya ini juga bersamaan dengan Ramadan yang diperkirakan berlangsung akhir Maret.

"Tentu ketersediaan ini tidak hanya berjalan sendiri. Harus diikuti dengan distribusi-distribusi dan lain sebagainya sehingga normalisasi dari harga beras itu bisa dicapai," kata Syahrul.

Dikutip dari CNN Indonesia, secara detail Joko Widodo memastikan jika pasokan 12 komoditas utama menjelang ramadan harus dipastikan keamanannya.

Komoditas tersebut antara lain adalah jagung, kedelai, bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, daging sapi, daging ayam, telur, dan gula.

"Diminta agar stok, semua menteri saling dukung bersama-sama untuk melakukan chek on the spot dari ketersediaan, dari buffer stock-buffer stock yang ada dan secara umum ketersediaan dalam neraca yang ada. Neraca kita sampai dengan Maret alhamdulillah cukup tersedia," paparnya.

Selain pasokan yang cukup, perbaikan jalur distribusi juga diperlukan agar komoditas bahan pangan ini dapat disebar secara merata ke masyarakat. Salah satunya bekerjasama dengan pemerintah daerah seperti bupati atau wali kota. (*)

Tombol Google News

Tags:

Joko Widodo Komoditas sembako stok Distribusi Panen raya Menteri Pertanian