Jurus Jitu Mengerjakan Skripsi, Biar Tidak di-DO!

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

14 Oktober 2023 01:40 14 Okt 2023 01:40

Thumbnail Jurus Jitu Mengerjakan Skripsi, Biar Tidak di-DO! Watermark Ketik
Ilustrasi pusing mengerjakan skripsi. (Foto: Freepik)

KETIK, MALANG – Setelah beberapa tahun menjalani fase pembelajaran, mahasiswa akan dihadapkan pada tahap akhir perkuliahan yaitu skripsi atau tugas akhir. Bagi beberapa mahasiswa, mengerjakan skripsi menjadi tantangan tersendiri. Banyak rintangan yang harus dihadapi, mulai dari rasa malas, takut menghadapi dosen, hingga masalah lainnya.

Namun dengan beberapa jurus jitu ini kalian dapat mengerjakan skripsi dan selesai tepat waktu tanpa khawatir di drop out atau DO!

1. Buat Jadwal dan Tetapkan Deadline 

Meskipun kalian bukan tipe mahasiswa yang terpaku pada jadwal dan deadline, namun dua hal ini akan sangat membantu. Buatlah jadwal realistis dengan menyesuaikan waktu yang kalian miliki. Ingat, tetap seimbangkan antara kegiatan lain dengan jadwal skripsian kaluan. Dengan memiliki jadwal yang terstruktur, kalian dapat menghindari penundaan dan bekerja secara efisien.

2. Sering Membaca Jurnal Ilmiah 

Membaca jurnal ilmiah adalah salah satu cara terbaik untuk memahami topik skripsi. Bukan hanya membaca, namun buatlah review dan cari konsep dari jurnal tersebut. Akan lebih baik jika hobi membaca jurnal sudah dibiasakan sejak menjadi mahasiswa baru. Dengan membaca dan mereview jurnal ilmiah, kalian dapat menambah literatur fan memahami topik penelitian kalian.

3. Jangan Malas Mencari Data Lapangan

Jangan pernah lelah mencari data-data terkait topik skripsi kalian. Entah itu melalui penelitian lapangan maupun studi literatur. Keakuratan data dan kesesuaiannya dengan teori penelitian, akan memberikan nilai tambah pada skripsi yang kalian kerjakan. Jika kalian lebih banyak membutuhkan penelitian lapangan, pastikan narasumber merupakan orang yang relevan. Pastikan juga kalian mengetahui latar belakang dari narasumber tersebut supaya data yang digali bisa lebih mendalam.

4. Carilah Teman Diskusi 

Berdiskusilah dengan teman seperjuanganmu dalam mengerjakan skripsi. Dengan berdiskusi, akan terjadi transfer ilmu antara kalian dan teman kalian. Namun jangan terlalu banyak mencari masukan. Semakin banyak masukan yang kalian dapat, justru semakin membuat kalian kebingungan. Mintalah mereka untuk membaca dan memberikan masukan konstruktif pada skripsi kalian.

5. Rajin Temui Dosen Pembimbing

Tetaplah semangat meskipun dosen pembimbing kalian sulit ditemui. Tetap keep in touch dengan dosen tersebut untuk meminta masukan dan saran bagi kelanjutan skripsi. Jadilah proaktif dalam menjadwalkan pertemuan. Disen pembimbing kalian dapat memberikan panduan, saran, dan arahan yang berguna untuk perkembangan skripsi.

6. Buka Laptopmu Setiap Hari

Konsistensi adalah kunci, untuk itu upayakan membuka laptopmu setiap hari. Dengan membuka laptop, setidaknya akan tergugah niat kalian dalam mengerjakan skripsi meskipun perasaan malas yang hadir sangat kuat. 

Mengerjakan skripsi tidak selalu terlihat mudah. Dengan mengikuti jurus-jurus jitu, dapat memacu kalian menyelesaikan skripsi agar terbebas dari ancaman DO. Di samping itu, kerja keras, ketekunan, dan perencanaan yang baik, kalian dapat menyelesaikan skripsi dengan sukses. Segera selesaikan skripsi kalian dan berhenti menjadi beban orang tua!.(*)

Tombol Google News

Tags:

Tips lulus kuliah cara mudah mengerjakan skripsi Skripsi lulus tepat waktu drop out dunia perkuliahan