Kabar Duka, Sekjen PB PMII Muhammad Rafsanjani Meninggal, Sempat Dirawat Intensif di RS

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Naufal Ardiansyah

11 Maret 2024 13:06 11 Mar 2024 13:06

Thumbnail Kabar Duka, Sekjen PB PMII Muhammad Rafsanjani Meninggal, Sempat Dirawat Intensif di RS Watermark Ketik
Sekjen PB PMII, Muhammad Rafsanjani tutup usia (11/03/2024) (Foto: Instagram PB PMII)

KETIK, JAKARTA – Sehari menjelang bulan Ramadan, kabar duka menyelimuti keluarga besar warga Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). 

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar (Sekjen PB) PMII, Muhammad Rafsanjani dikabarkan tutup usia pada hari Senin, 11 Maret 2024 sekitar pukul 11:10 WIB. 

Menurut informasi, almarhum sebelumnya sempat dirawat intensif selama 3 hari di Rumah Sakit, di Lebak Bulus, Jakarta Selatan karena mengalami infeksi paru-paru. 

“Innalillahi wa innailaihi rojiun, telah meninggalkan kita Sekjend PB PMII Muhammad Rafsanjani bin KH Cecep Alba, senantiasa dalam limpahan rahmat Allah SWT dan keberkahan para pendiri, al faatihah,” tutur Ketua Kaderisasi Nasional, Fachrurizal, Senin (11/3/2024) siang.

Menurutnya, almarhum yang merupakan alumnus FISIP UIN Jakarta dan Universitas Indonesia (UI) ini dishalatkan di kediamannya di Pasar Rebo, Jakarta Timur. Selanjutnya dibawa ke Garut, Jawa Barat untuk dimakamkan. 

“Beliau akan dimakamkan di Pondok Pesantren Pulosari, Kampung Jalan Pulosari, RT 02, RW 06, Cijolang, Kecamatan Balubur Limbangan, Kabupaten Garut,” tuturnya. 

Berita duka tersebut juga disampaikan langsung melalui media sosial akun Instagram dan Facebook PB PMII @pmiiofficial 

"Innalilahi wainna ilaihi raajiun. Telah meninggal dunia sahabat kita semua @rafsanjani.mrj (Sekretaris Jenderal PB PMII 2021-2024) pada hari Senin, 11 Maret 2024," tulisnya.

"Mohon doanya, semoga almarhum diterima semua amal ibadahnya, diampuni segala dosanya, dan diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT. Alfatihah," lanjutnya. 

Profil Singkat Muhammad Rasfanjani

Sebagai informasi, Muhammad Rafsan atau yang akrab disapa Rasfan tersebut merupakan pria kelahiran Garut pada 30 Maret 1992. 

Saat ini, almarhum sedang menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PB PMII masa khidmat 2021-2024. Saat kongres XI tahun 2021 di Balikpapan Kalimantan Timur, ia mencalonkan diri sebagai ketua umum PB PMII dan meraih suara terbanyak kedua setelah Muhammad Abdullah Syukri.

Pasca lulus dari SMA tahun 2010, putra dari pimpinan pondok pesantren tertua di Limbangan, Garut Jawa Barat Dr. KH Cecep Alba dan Hj. Rd. Mimin Nurganiah Maulani ini kemudian merantau ke Ciputat untuk kuliah di UIN Jakarta. 

Tempaan selama di pondok pesantren membuat Rafsan menjadi sosok yang senantiasa membumi lewat kata dan perangainya. 

Tak hanya itu, corak kehidupan agamis yang menjadi lingkungan akrab seorang Rafsanjani tidak membuat dirinya membatasi buku-buku dan bacaan atas luasnya ilmu pengetahuan. 

Selamat jalan sahabat. (*)

Tombol Google News

Tags:

kabar duka Sekjen PB PMII Muhammad Rafsanjani Tutup Usia