Kampus Filsafat STF Al Farabi Malang Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru, Cek di Sini

Jurnalis: Gumilang
Editor: Mustopa

14 Juli 2024 17:31 14 Jul 2024 17:31

Thumbnail Kampus Filsafat STF Al Farabi Malang Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru, Cek di Sini Watermark Ketik
Mahasiswa Kampus Filsafat STF Al Farabi Malang. (Foto : STF Al Farabi).

KETIK, MALANG – Kampus filsafat STF Al Farabi Kepanjen, Kabupaten Malang membuka pendaftaran untuk mahasiswa baru angkatan 2024/2025. Kampus ini menjadi satu-satunya kampus filsafat yang ada di Kabupaten Malang saat ini.

Secara historis, kampus ini berasal dari kajian-kajian filsafat yang diampu Ach. Dhofir Zuhry (Gus Dhofir) di Kawasan Kepanjen. Dari kelompok kajian inilah lahir beberapa penulis filsafat dan penerjemah naskah-naskah filsafat. 

Beberapa buku di antaranya, Filsafat untuk Pemalas, Peradaban Sarung, Berjabat Tangan dengan Filsafat, Secangkir Kopi Filsafat, Catatan Para Filsuf Palsu dan masih banyak lagi.

Selain itu juga beberapa terjemahan karya-karya Imam Al Ghazali misalnya Tahafut Al Falasifah, Membebaskan Akal dari Kesesatan, Seni Berpolitik, dst. Karya Al Farabi Peradaban Luhur, karya-karya Plato Aplogy, Meno, Parmenides, karya Rene Descartes Meditasi Filsafat Pertama, dan beberapa terjemahan novel filsafat dan logika.

Pendiri Kampus Filsafat STF Al Farabi Ach Dhofir Zuhry mengatakan bahwa kampus ini memiliki visi besar ke depan untuk ilmu. 

“Visi besar yang diusung STF Al Farabi adalah terselenggaranya Pendidikan dan pengajaran ilmu filsafat. Memiliki disiplin-disiplin ilmu pada strata satu yang mencerahi budi, mengasah hati nurani dan melibatkan keterlibatan sosial dalam berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat Indonesia,” kata penulis antologi puisi Orgasme itu.

Nah, visi inilah menurut Gus Dhofir yang diterjemahkan melalui misi memperkenalkan dan mengembangkan filsafat sebagai ilmu, menyelenggarakan pendidikan akademis yang unggul dalam bidang ilmu filsafat dan dialog dengan ilmu-ilmu lain yang terkait.

“Kemudian, memperluas wawasan kebangsaan dalam upaya memperkokoh perjuangan memajukan demokrasi penegakan HAM dan keutuhan ekologis,” paparnya.

Kini kampus yang beralamat di jalan Aris Joyo Mustoko, Ngempit, Tegalsari, Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, itu membuka pendaftaran bagi calon mahasiswa yang ingin memperluas wawasan, mempertajam analisis dan menguatkan konsep berpikir. 

Syarat Pendaftaran

1. Fotokopi ijazah dan nilai UAN SMA/Sederajat yang dilegalisir

2. Fotokopi e-KTP 1 lembar

3. Foto berwarna (resmi 3x4)

4. Daftar online via web (https://stfalfarabi.sch.id/pmb/) 

5. Biaya pendaftaran dikirim ke rekening ini: 0602195228 (Bank Jatim an Yayasan Al-Farabi Kepanjen)

6. Foto bukti pembayaran disertakan di website saat daftar online

Jadwal Pendaftaran

  • Gelombang I: 15 Juni – 15 Juli 2024
  • Gelombang II: 16 Juli – 15 Agustus 2024
  • Heregistrasi: 20 Agustus 2024

Biaya Pendaftaran

1. Formulir pendaftaran Rp 250.000

2. DPP Gelombang I Rp 2.500.000

3. DPP Gelombang II Rp 3.000.000

4. SPP Rp 750.000

5. OSPEK Rp 500.000

Informasi lebih lanjut tentang pendaftaran mahasiswa baru STF Al Farabi dapat menghubungi kontak ini: 081348552322 (*)

Tombol Google News

Tags:

Kampus Filsafat STF Al Farabi Malang Kepanjen Kabupaten Malang Malang Pendaftaran Mahasiswa Baru