Kandaskan Pasangan Malaysia, Ana/Tiwi Juara Australian Open 2024!

Jurnalis: Suyono
Editor: M. Rifat

16 Juni 2024 15:27 16 Jun 2024 15:27

Thumbnail Kandaskan Pasangan Malaysia, Ana/Tiwi Juara Australian Open 2024! Watermark Ketik
Ganda putri Indonesia Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi. (Foto:PBSI)

KETIK, SURABAYA – Pasangan ganda putri Indonesia Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi tampil sebagai juara Australian Open 2024 setelah mengandaskan pasangan Malaysia Lai Pei Jing/Lim Chiew Sien. 

Pertarungan ganda putri Indonesia yang punya panggilan Ana/Tiwi ini meladeni Lai Pei Jing/Lim Chiew Sien tersaji di Quaycentre, Sydney, Australia, Minggu (16/6/2024).

Pasangan Indonesia Ana/Tiwi akhirnya tampil sebagai juara Australian Open 2024 yang berlevel BWF Super 500 ini setelah bertarung tiga gim dengan skor 12-21, 21-7, 21-13.

Hasil ini sekaligus membuat Ana/Tiwi jadi satu-satunya wakil Indonesia yang sukses merengkuh gelar di negeri Kanguru tahun ini.

Itu setelah dua wakil merah putih lainnya yakni ganda putra Henda Setiawan/Mohammad Ahsan dan tungga putri Ester Nurumi Tri Wardoyo tumbang di final dan hanya meraih predikat runner up di turnamen ini.

Ana/Tiwi sekaligus memastikan gelar pertama mereka musim ini. Sebelumnya, pasangan asal PB Djarum (Ana) dan Mutiara Cardinal Bandung (Tiwi) ini dua kali sukses menembus final musim ini namun hanya berhasil menjadi runner up. Itu terjadi di Spain Masters dan Thailand Open.

Jalannya Gim Pertama

Awal gim pertama, Ana/Tiwi sempat tertinggal saat tidak bisa mengembalikan serangan dari pasangan Malaysia.  

Reli panjang terjadi. Kedua pasangan saling serang dan sama-sama kuat, namun angka untuk Lai/Lim saat pukulan Ana gagal menyeberangkan shuttlecock dan nyangkut di net. Serangan Lai/Lim yang terus menerus membuat Ana/Tiwi tertinggal 4-8, hingga interval gim pertama. Ana/Tiwi tertinggal dengan skor 5-11.

Setelah interval pertama, Ana/Tiwi masih tertinggal skor dari pasangan Malaysia. Reli panjang kembali terjadi, namun pukulan melebar Ana, membuat Ana/Tiwi makin ketinggalan skor hingga 10-16.

Pasangan Malaysia makin melesat jauh saat pukulan Ana melebar keluar, dan pengembalian servis tersangkut di net sehingga poin menjadi 11-18.

Banyaknya kesalahan sendiri membuat Ana/Tiwi harus mengakui keunggulan Lai/Lim dengan skor 12-21 di gim pertama.

Gim Kedua Ana/Tiwi Bangkit

Memasuki gim kedua Ana/Tiwi tancap gas dan berhasil unggul dengan skor 3-0. Poin pertama diraih dengan reli panjang hingga 103 pukulan.

Ana/Tiwi nampak percaya diri, hingga smes keras dari Ana tak mampu dikembalikan pasangan Malaysia dan mampu dengan skor 8-0.

Saat pukulan Tiwi melebar, Lai/Lim meraih poin pertama. Ana/Tiwi unggul 11-3 pada interval gim kedua setelah pengembalian wakil Malaysia keluar dari lapangan.

Setelah interval, Lim Chiew Sien sempat mendapat perawatan medis karena mengalami masalah pada jari di tangan kanannya. Tidak ada cedera serius, dia bisa melanjutkan pertarungan.

Kian nyaman bermain Ana/Tiwi makin unggul jauh dan menang dengan skor 21-7.

Gim Ketiga Ana/Tiwi Makin Garang

Memasuki gim ketiga, Ana/Tiwi tidak menurunkan tempo serang. Smes Ana menghujam deras, tak dapat dikembalikan lawan. Pasangan Indonesia unggul 3-0.

Pasangan Malaysia sempat meraih poin, tetapi Ana/Tiwi tetap bisa menjaga jarak dengan skor 6-3. Pasangan Indonesia mampu menjaga selisih skor sehingga unggul 11-5 pada interval gim ketiga. 

Selepas interval, Ana/Tiwi sempat mendapat tekanan, dan Lai/Lim berhasil mendapat tiga poin beruntun. Pukulan menyilang Ana yang tidak bisa dikembalikan pasangan Malaysia memutus skor. Skor menjadi 12-8.

Lim Chiew Sien melakukan dua kali kesalahan yang berujung bertambah poin untuk Ana/Tiwi, skor 16-9.

Ana/Tiwi kian garang bertarung dan memenangi gim ketiga dengan skor 21-13. Dengan hasil ini Ana/Tiwi memastikan gelar juara Australian Open 2024.(*)

Tombol Google News

Tags:

BWF bwfsuper500 australianopen2024 febrianadwipujikusuma amaliacahayapratiwi badminton bulutangkis