Karena Rawan Bencana, Lumajang Aktifkan Sistim Peringatan Dini

Jurnalis: Abdul Fatah
Editor: Muhammad Faizin

21 Oktober 2023 08:25 21 Okt 2023 08:25

Thumbnail Karena Rawan Bencana, Lumajang Aktifkan Sistim Peringatan Dini Watermark Ketik
PJ. Bupati Lumajang Indah Wahyuni ketika berada di pos pantau lahar dingin (Foto : Kominfo Lumajang)

KETIK, LUMAJANG – Letak geografis Kabupaten Lumajang yang dikelilingi perbukitan dan keberadaan tiga gunung yakni Gunung Semeru, Gunung Bromo dan Gunung Lemongan membuat beberapa wilayah rawan terjadi bencana alam.

Hal itu disampaikan Pj Bupati Lumajang, Indah Wahyuni saat meninjau pos pantau lahar dingin Semeru yang berada di Curah Kobokan, Jumat (20/10/2023) pagi.

"Keadaan geografis di Lumajang dikelilingi oleh tiga gunung, yakni gunung Semeru, Gunung Bromo dan Gunung Lemongan, sehingga kita harus bisa berdamai dengan bencana," ujarnya.

Antisipasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang adalah salah satunya melakukan mitigasi resiko terjadinya bencana, dengan mempunyai sistem peringatan dini atau early warning system dalam kebencanaan di pos pantau tersebut.

"Kita sudah melakukan antisipasi penanggulan di beberapa titik untuk bisa melakukan mitigasi. Early warning system setelah saya tadi melihat masih bisa optimal kerjanya. Jadi, ini yang kita lakukan untuk bisa melihat situasi dan kondisi yang ada," ungkapnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

mirigasi bencana lumajang PJ Bupati Lumajang berita lumajang hari ini early warning system Gunung Semeru Gunung Bromo Gunung Lemongan lahar dingin