Kejar Target Inklusi Keuangan, OJK Gencarkan Budaya Menabung Pada Pelajar

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

5 September 2023 23:00 5 Sep 2023 23:00

Thumbnail Kejar Target Inklusi Keuangan, OJK Gencarkan Budaya Menabung Pada Pelajar Watermark Ketik
Kepala OJK Regional 4 Jawa Timur, Giri Tribroto. (Foto: Humas OJK Regional 4)

KETIK, SURABAYA – Sebagai bagian dari Road To Bulan Inklusi Keuangan yang diselenggarakan setiap bulan Oktober, OJK Regional 4 Jawa Timur menggelar Kegiatan Puncak Kreasi Bangkit 2023 tentang Hari Indonesia Menabung yang ditetapkan tanggal 20 Agustus. 

Pada event ini OJK Regional 4 Jawa Timur memberikan edukasi mengenai literasi keuangan, dan juga peran penting tabungan dan investasi dalam meningkatkan taraf hidup seseorang serta dapat mewujudkan kemandirian ekonomi. 

Sekda Pemprov Jatim Adhy Karyono mengatakan mengatakan perencanaan keuangan yang baik dimulai dari pemahaman literasi keuangan dan menabung dalam simpanan pelajar.

Salah satu caranya yaitu menggencarkan program-program untuk meningkatkan pendidikan dan literasi keuangan di Jatim. Sehingga para pelajar di Jatim memiliki persiapan finansial yang baik.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Jawa Timur (Jatim Dalam Angka Tahun 2023) jumlah pelajar di Jawa Timur mencapai 8,1 juta orang atau 19,52% dari jumlah penduduk di Jawa Timur. Angka tersebut merupakan potensi yang cukup besar dalam mendukung pencapaian target inklusi keuangan yang telah ditetapkan Pemerintah yaitu 90% di tahun 2024. 

"Kita bisa membentuk masyarakat yang lebih kuat secara finansial dan sejak dini lebih siap menghadapi masa depan melalui simpanan pelajar," ungkap Adhy.

Sementara itu Kepala OJK Regional Jawa Timur, Giri Tribroto menuturkan melalui Tabungan dan Investasi yang dilakukan generasi muda dapat turut mendukung pembangunan Indonesia. Berdasarkan Laporan Perkembangan Simpanan Pelajar Semester I Tahun 2023, di Jawa Timur telah terdapat 6,9 juta rekening pelajar dengan nominal simpanan 3,4 triliun.

"Simpanan pelajar dan literasi keuangan ini menjadi real power bagi generasi muda untuk menyiapkan masa depan mereka," tuturnya.

Berangkat dari hal tersebut OJK mengupayakan kemudahan masyarakat dalam mengakses produk-produk keuangan yang mudah dan efisien. Seperti Program Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR) di Jawa Timur telah difasilitasi oleh lebih dari 50 Bank, baik Bank Umum ataupun BPR.(*)

Tombol Google News

Tags:

Inklusi keuangan Tabungan investasi Pelajar OJK Regional 4 Jawa Timur Sekda Pemprov Jatim Hari Indonesia Menabung