Kembangkan Digital Journalism, ITS Gandeng Ketik Media Gelar Pelatihan Menulis Berita

Jurnalis: Siti Fatimah
Editor: M. Rifat

28 Juni 2024 10:12 28 Jun 2024 10:12

Thumbnail Kembangkan Digital Journalism, ITS Gandeng Ketik Media  Gelar Pelatihan Menulis Berita Watermark Ketik
Pelatihan Penulisan Berita Program SMA Double Track bersama Ketik Media (Foto: dok. Ketik Media)

KETIK, SURABAYA – Kembangkan program SMA Double Track di Jawa Timur, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya bersama Ketik Media menggelar Pelatihan Teknik Menulis Berita di Platform Media Online, Sabtu (29/6/2024) pukul 09.00-11.00 WIB.

Pelatihan ini akan diikuti 300-500 siswa seluruh Jawa Timur melalui aplikasi Zoom. Meski begitu peserta dari luar Jawa Timur bisa juga bergabung melalui link Zoom pelatihan yang disediakan atau streaming Youtube, tanpa dipungut biaya apapun.

Peserta nantinya akan diajarkan teori penulisan berita dasar, pemilihan foto, caption di sosial media dan tata cara penggunaan bahasa di media sosial.

Program Development SMA Double Track Fajar Baskoro menjelaskan pelatihan tersebut salah satu program unggulan SMA Double Track untuk mengasah kemampuan atau skill para siswa di masa depan.

Menurut Fajar pelatihan ini sangat penting untuk menghadapi tantangan setelah lulus SMA. Salah satunya masalah pengangguran karena tidak memiliki skill yang memadai di dunia kerja.

Ia berharap dengan adanya pelatihan ini para peserta bisa menyebarkan pengalamannya melalui media cetak maupun media sosialnya dalam bentuk micro news.

Sebab selama ini aktivitas yang mereka lakukan di kelas maupun praktik, hanya mereka sendiri yang merasakan.

"Kami bekerja sama dengan media online, Ketik Media melatih supaya mereka punya skill menulis dan menyampaikan segala kegiatan yang ada di sekolah dalam bentuk tulisan," jelas Dosen Teknik Informatika ini pada Ketik Media, Kamis (27/6/2024).

Para peserta akan dibimbing oleh General Manager Ketik Media, Sumarno. Dia sudah puluhan tahun malang melintang dan berkecimpung di dunia jurnalistik serta mengantongi sertifikasi wartawan utama alias tertinggi dari Dewan Pers.

"Para peserta akan diajarkan menulis berita di media online, mulai dari tekniknya, pemilihan judul, sampai SEO supaya terdeteksi di Google," ungkap Sumarno, General Manager Ketik Media sekaligus pemateri yang akan pengisi pelatihan tersebut.

Tak hanya itu, selama praktik menulis nantinya 2 tulisan terbaik dari peserta akan ditayangkan di website Ketik Media dan berkesempatan merasakan magang di Ketik Media.

Sebagai informasi, program Double Track merupakan program unggulan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang bekerja sama dengan ITS untuk melatih siswa SMA meningkatkan keterampilan agar siap bersaing di dunia kerja.

Saat ini terhitung sudah ada 133 sekolah se-Jawa Timur yang tergabung dalam program SMA Double Track.

"Total peserta Double Track itu sekitar 9000-an anak, tapi rata-rata yang aktif separuhnya," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

pelatihan menulis berita double track ITS digital jurnalism