Kemeriahan Kirab Penghargaan Adipura Kencana Kota Surabaya, Cak Eri Disambut Ribuan Warga

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: M. Rifat

1 Maret 2023 10:27 1 Mar 2023 10:27

Thumbnail Kemeriahan Kirab Penghargaan Adipura Kencana Kota Surabaya, Cak Eri Disambut Ribuan Warga Watermark Ketik
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengarak penghargaan Adipura Kencana 2022. (Foto: Shinta/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menerima penghargaan Adipura Kencana 2022 kategori Kota Metropolitan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

Penghargaan Adipura Kencana ini bukan yang pertama bagi Surabaya, namun sudah yang ketujuh kali.

Untuk menyambut piala ini, Pemkot Surabaya menggelar kirab rombongan 20 mobil Jeep Willys untuk membawa penghargaan Adipura Kencana 2022 ini pada Rabu (1/3). Ini sebagai wujud syukur atas keberhasilan Kota Surabaya meraih penghargaan tersebut.

Foto Eri Cahyadi saat menunjukan trofi Adipura Kencana 2022. (Foto: Shinta/Ketik.co.id)Eri Cahyadi saat menunjukkan Piala Adipura Kencana 2022. (Foto: Shinta/Ketik.co.id)

Rombongan kirab Jeep Willys dipimpin langsung Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Tak hanya itu, sejumlah perwakilan perangkat daerah, satgas, tokoh masyarakat hingga kepala sekolah turut serta dalam arak-arakan.

Arak-arakan ini dimulai di Jalan Raya Ahmad Yani, tepatnya di depan Gedung Graha Pena menuju Taman Surya Balai Kota Surabaya. Setelah sampai di lokasi finish, penghargaan Adipura Kencana diserahkan secara simbolis kepada perwakilan masyarakat Surabaya.

Usai menerima penghargaan ini, Pemerintah Kota Surabaya berkomitmen melakukan pemilihan sampah hingga tingkat RT itu akan digenjot terus sampai 2025. Hal ini sesuai target Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, agar semua daerah mengelola sampah 100 persen.

“Ada beberapa RW yang sudah berjalan sehingga kita akan lakukan itu terus sampai 2025. Pemilahan sampah sudah kita lakukan dari rumah tangga (RT) sampai ke TPS. Di TPS nanti kita buat kompos dan macam-macam dari bank sampah. Target 2025, semua sampah bisa tersentuh sampai 100 persen dalam pengelolaannya,” kata Eri seusai melakukan kirab. 

Foto Arak-arakan trofi Adipura Kencana. (Foto: Shinta/Ketik.co.id)Arak-arakan piala Adipura Kencana. (Foto: Shinta/Ketik.co.id)

Piala itu langsung diarak dari Graha Pena hingga Balai Kota Surabaya bersama dengan piala-piala lain di antaranya Adiwiyata Mandiri, Adiwiyata Nasional, Nirwasita Tantra, dan Proklim. (*)

Tombol Google News

Tags:

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi Adipura Kencana KLHK