Kenangan Fakhri Husaini dengan Tiga Pemainnya yang Kini Membela Timnas U-23

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

27 April 2024 22:03 27 Apr 2024 22:03

Thumbnail Kenangan Fakhri Husaini dengan Tiga Pemainnya yang Kini Membela Timnas U-23 Watermark Ketik
Kiper Indonesia Ernando Ari saat membawa list cita-cita pada 2018 silam. (Foto: dok. pribadi Fakhri Husaini for Ketik)

KETIK, SURABAYA – Penampilan apik dari Tim Nasional U-23 di Piala Asia membuat Fakhri Husaini yang pernah melatih Timnas U-16 senang melihat perkembangan Timnas Indonesia sukses mencatatkan sejarah baru di Piala Asia.

Fahri pernah membawa Tmnas Indonesia U-16 menjadi juara di ajang Piala AFF 2018. Ada beberapa nama anak asuh Fakhir Husaini saat itu yang kini tergabung di Timnas U-23 asuhan Shin Tae-yong.

Mereka adalah Ernando Ari Sutaryadi, Bagas Kaffa, Komang Teguh, dan Fajar Fathurahman.

"Saya bangga pada mereka, ketiga pemain ini seperti Bagas, Ernando dan Komang sebelumnya sudah membuat target pribadi mereka menargetkan bisa membawa Timnas Indonesia lolos di Olimpiade Paris," ucap Fakhri saat dihubungi Ketik.co.id, Sabtu (27/4/2024).

Usai Indonesia mengalahkan Korea Selatan, Fakhri Husaini yang saat ini tengah menjalani ibadah umroh ini memposting foto ketiga pemain Timnas U-23 seperti Ernando Ari, Komang Teguh dan Bagas Kaffa di Instagram pribadinya @coachfakhri.

Saat dikonfirmasi, pelatih kelahiran Loksumawe, 27 Juli 1965 ini menceritakan kejadian itu terjadi pada tahun 2018 menjelang AFC Cup U-17 di Malaysia.

Foto Salah satu list cita-cita Komang Teguh, Sabtu (27/4/2024). (Foto: dokumen pribadi Fakhri Husaini for Ketik)Salah satu list cita-cita Komang Teguh. (Foto: dok. pribadi Fakhri Husaini for Ketik)

"Saat itu saya bersama staf pelatih dan psikolog membuat sesi kelas untuk semua pemain, untuk menggali potensi diri serta ingin mengetahui cita-cita, keinginan dan harapan mereka di masa depan," ucap Fakhri.

Saat sesi itu, semua pemain menulis di selembar kertas karton putih tentang keinginan, cita-cita, harapan dan doanya.

"Salah satu harapan yang ditulis Ernando cs saat itu adalah tampil di Olimpiade Paris 2024. Kini tinggal selangkah lagi harapan mereka terwujud. Saya mendoakan semoga apa yang mereka tulis 2018 dapat terwujud 2024," beber Fakhri.

Fakhri menjelaskan perkembangan keempat anak asuhnya sudah sangat pesat. "Kita tahu pada laga terakhir melawan Korea Selatan semua pemain Timnas Indonesia cukup bagus yang memiliki etos kerja cukup baik, dengan kondisi ini membuat saya cukup bangga pernah melatih keempatnya," jelasnya.

Foto Salah satu list cita-cita Komang Teguh, Sabtu (27/4/2024). (Foto: dokumen pribadi Fakhri Husaini for Ketik)Salah satu list cita-cita Komang Teguh. (Foto: dok pribadi Fakhri Husaini for Ketik)

Dari keempat anak asuhnya tersebut, hanya Bagas yang belum mendapatkan kesempatan bermain di ajang internasional tersebut. "Tapi saya tetap bangga, mereka bisa berkembang dengan pesat serta demi kemajuan sepak bola Indonesia," jelas Fakhri.

Mantan Pemain PKT Bontang ini senang melihat penampilan Ernando Ari yang berhasil menepis tendangan Korea Selatan. "Ernando menjadi Man of the Match dalam laga 8 besar, adalah hal yang pantas dan layak, melihat banyaknya penyelamatan yang dilakukan sepanjang laga, termasuk penyelamatan dalam adu penaltyi" ucap Fakhri.

Fakhri yakin, dengan penampilan yang konsisten seperti melawan Yordania dan Korea Selatan, Indonesia bisa lolos ke Olimpiade Paris. "Saya yakin Indonesia bisa lolos ke Olimpiade Paris kalau bermain konsisten seperti laga sebelumnya," tegasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Timnas U-23 Ernando Ari Komang Teguh Fadjar Fathurohman Bagas Kaffa Piala Asia Timnas Indonesia Fakhri Husaini