Keren! Sambut Lebaran, Pemdes Sidomulyo Jember Bahagiakan Yatim Piatu dari Hasil TKD

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: M. Rifat

15 April 2023 16:13 15 Apr 2023 16:13

Thumbnail Keren! Sambut Lebaran, Pemdes Sidomulyo Jember Bahagiakan Yatim Piatu dari Hasil TKD Watermark Ketik
Kepala Desa Sidomulyo Kamiludin, akrab disapa Mas Kades, Sabtu (15/4/2023). (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Pemerintah Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember punya program sangat mulia dan patut ditiru pemerintah desa lain. Dalam menyambut Idul Fitri 1444H, mereka mengadakan kegiatan Belanja Baju Lebaran untuk Anak Yatim Piatu di desa mereka.

Ini merupakan tahun kedua Pemerintah Desa Sidomulyo menggelar acara berbagi kepada anak yatim piatu setempat. Belanja baju baru dilakukan pada Sabtu (15/4/2023) di Jember Roxy Square.

Kepala Desa Sidomulyo Kamiludin mengatakan jika Belanja Baju Lebaran Anak Yatim Piatu ini merupakan salah satu program dari hasil sewa Tanah Kas Desa (TKD) Sidomulyo. Program lainnya yaitu tabungan pendidikan dan kegiatan usaha produktif anak yatim piatu.

“Tahun 2023 ini TKD kita laku tersewa 212 juta rupiah, itu 100 persen keuntungan untuk anak yatim,” terang Kamiludin yang akrab disapa Mas Kades.

Sebanyak 112 anak yatim piatu ia bawa menggunakan tiga armada bus pariwisata dari Desa Sidomulyo ke tempat swalayan yang dituju dengan jarak tempuh sekitar 47 km. Setiap anak yatim piatu diberikan anggaran sebesar Rp500 ribu.

Foto Ibu Kepala Desa tengah memilihkan baju lebaran untuk anak yatim piatu di Jember Roxy Square, Sabtu (15/4/2023) (Foto: Fenna/Ketik.co.id)Ibu Kepala Desa memilihkan baju lebaran untuk anak yatim piatu di Jember Roxy Square, Sabtu (15/4/2023). (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

Alasan dibalik terbentuknya program TKD ini, Mas Kades mengaku memiliki rasa empati terhadap anak yatim piatu yang ada di sekitarnya. Ia juga merasa senang dengan membelikan baju lebaran untuk anak yatim piatu.

“Kebetulan saya kepala desa yang juga pernah jadi anak yatim, jadi saya pernah merasakan apa yang dirasakan anak-anak yatim. Mereka gak boleh melas-melas lagi,” ujarnya.

Mas Kades berharap dengan menggunakan dana hasil sewa TKD Sidomulyo untuk membantu anak-anak yatim piatu dapat memberikan berkah dalam pembangunan desanya.

“Anak yatim ini bagi kami adalah wasilah (pendekatan), doa mereka adalah untuk percepatan kemajuan Desa Sidomulyo kedepan,” tandasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Desa Sidomulyo Jember hasil sewa Tanah Kas Desa santuni anak yatim piatu Mas Kades Kamiludin