Kesempatan Terakhir! Unesa Buka Jalur Mandiri Gelombang Kedua

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

15 Juli 2024 21:48 15 Jul 2024 21:48

Thumbnail Kesempatan Terakhir! Unesa Buka Jalur Mandiri Gelombang Kedua Watermark Ketik
Gedung Rektorat Unesa. (Foto: Dok. Unesa)

KETIK, SURABAYA – Setiap tahun jutaan pelajar di Indonesia berlomba-lomba diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit. Salah satunya Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang merupakan salah satu PTN favorit di Kota Surabaya.

Setelah sebelumnya membuka pendaftaran melalui jalur UTBK SNBT, Unesa kini membuka pendaftaran melalui jalur jalur mandiri atau SPMB.

Tahun ini Unesa membuka jalur mandiri dengan sistem TMUBK atau Tes Masuk Unesa Berbasis Komputer. Pendaftaran gelombang kedua itu dimulai pada Sabtu, 13 Juli 2024 hingga 23 Juli 2024.

Kasubdit Penerimaan dan Kelulusan Kelulusan Mahasiswa Dr. Sukarmin, M.Pd. menjelaskan, seleksi jalur ini didasarkan hasil tes berbasis komputer. Tes dilaksanakan di Laboratorium Komputer Rektorat dan Fakultas kedokteran.

"Jalur ini bakal menjadi ajang persaingan yang ketat, karena merupakan jalur atau kesempatan terakhir masuk Unesa periode ini," jelasnya, Senin (15/7/2024).

Sukarmin menambahkan, agar bisa lolos para peserta harus menyiapkan diri karena persaingan semakin ketat. Melalui program seleksi jalur mandiri ini peserta bisa memilih semua prodi yang ada di Unesa, baik prodi lama maupun prodi baru.

"Prodi baru ini memiliki peluang cukup besar bagi peserta untuk masuk Unesa," tambah Sukarmin.

Beberapa prodi yang mendapatkan kuota limpahan  dari Camaba yang tidak daftar ulang di jalur SNBT maupun jalur mandiri sebelumnya. Kuota tersebut ditambahkan pada jalur terakhir ini. Prodi tersebut adalah: S1 Musik, S1 Pendidikan Tata Boga, D4 Administrasi Negara, S1 Pendidikan Bahasa Inggris dan S1 Pendidikan Tata Boga.

"Prodi-prodi yang disebutkan itu memiliki peluang lolos yang tinggi di Unesa. Saya harapkan, peserta mempersiapkan diri dengan baik," pungkasnya.

Adapun prodi baru yang bisa dipilih peserta pada jalur mandiri atau SPMB 2024 sebagai berikut: 

  • Prodi S-1 Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol)
  • Prodi D-4 Teknologi Rekayasa Otomotif, Fakultas Vokasi
  • Prodi S-1 Aktuaria, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)
  • Prodi S-1 Masase, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK)
  • Prodi S-1 Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik (FT)
  • Prodi S-1 Keperawatan, Fakultas Kedokteran (FK)
  • Prodi S-1 Kebidanan, Fakultas Kedokteran (FK)
  • Prodi S-1 Fisioterapi, Fakultas Kedokteran (FK).(*)

Tombol Google News

Tags:

Pendidikan ptn Ujian Masuk jalur mandiri Unesa