Kisah Inspiratif Mahasiswa Polije Aktif Berprestasi di Kancah Internasional

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Mustopa

17 Juli 2024 12:45 17 Jul 2024 12:45

Thumbnail Kisah Inspiratif Mahasiswa Polije Aktif Berprestasi di Kancah Internasional Watermark Ketik
Potret Arizka Zidha Aulia, mahasiswi Polije yang aktif berpartisipasi di kancah internasional, baik bidang pendidikan maupun sosial (Foto: dok. pribadi)

KETIK, JEMBER – Di tengah kesibukannya sebagai mahasiswa di Politeknik Negeri Jember, Arizka Zidha Aulia juga aktif di kancah internasional.

Mahasiswi yang tengah menempuh pendidikan di Jurusan Teknologi Informasi, Program Studi Manajemen Informatika Internasional itu membuktikan semangat dan tekad kuat membawanya meraih berbagai prestasi.

Pada Februari 2022, Arizka-sapaan karibnya, mendapatkan kesempatan pertama untuk terlibat dalam ajang internasional. Yakni sebagai anggota panitia pada Indonesian International Youth Conference yang diselenggarakan di Istanbul, Turki. 

Pengalaman pertama tersebut membuka pandangannya lebih luas lagi, dan terus berkontribusi di tingkat global pada belahan dunia lainnya.

Tidak berhenti di situ, pada Oktober 2022, Arizka kembali terlibat sebagai panitia di International Youth Exchange and Conference Chapter Malaysia-Thailand-Singapore. Partisipasinya kali ini semakin memperluas jaringan serta wawasan lintas negara.

Pada Februari 2023, perempuan itu kembali melanjutkan perannya sebagai panitia di International Youth Exchange and Conference Chapter Japan. Keterlibatannya itu semakin mengukuhkan posisinya sebagai mahasiswa yang aktif dan berdedikasi.

Selain aktif di kancah internasional, dia juga menunjukkan kepeduliannya terhadap masyarakat lokal. Dalam program Action Youth di Lombok Tengah pada Juni 2023, Arizka secara sukarela menjadi fasilitator pendidikan dengan membawa misi SDGs di wilayah 3T (terdepan, terluar, terjauh).

Di bulan berikutnya, Juli 2023, Arizka melanjutkan perannya sebagai panitia di International Youth Exchange and Conference Chapter Malaysia-Singapore.

Di samping aktif bidang sosial, prestasi akademik Arizka juga semakin cemerlang. Ia menerima beasiswa Jiangsu di China. Beasiswa ini semakin memperkuat motivasinya untuk terus belajar dan berprestasi.

Di luar kegiatan akademik dan internasional, dia juga aktif berorganisasi. Ia merupakan anggota Indonesian Youth Action yang berfokus pada implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), serta aktif di PPIT Tiongkok cabang Changzhou dan Be With You Indonesia yang mengadvokasi kesetaraan gender.

Pada semester keempat, Arizka mengikuti program Kampus Merdeka dari Bangkit Academy yang merupakan program dari Google, Tokopedia, Gojek, dan Traveloka dengan jalur pembelajaran cloud computing.

Selain itu, ia magang sebagai WordPress Developer di Wesclic Indonesia Neotech dan bekerja sebagai Content Writer di Angkasa Digital Nusantara. Kemampuan manajemen waktu dan dedikasi Arizka memungkinkan ia untuk menjalani semua peran tersebut dengan baik dalam waktu bersamaan.

Sebagai mahasiswa Polije Kelas Internasional, Arizka menghabiskan dua semester terakhirnya menjalani studi di Changzhou Vocational Institute of Mechatronic Technology di Changzhou, China. Dia mendapatkan kesempatan untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilannya di bidang teknologi informasi.

Pada Agustus 2024 mendatang, Arizka dijadwalkan akan berangkat sebagai panitia di International Youth Exchange and Conference Chapter Malaysia-Thailand. Perjalanan dan pencapaiannya menunjukkan bahwa dengan tekad, kerja keras, dan semangat yang tak kenal lelah, banyak hal luar biasa yang dapat dicapai.

Baginya, keberuntungan adalah bertemunya kesempatan dengan kesiapan. Berbekal prinsip ini, Ia akan terus berusaha mempersiapkan diri untuk kesempatan-kesempatan yang akan datang.(*)

Tombol Google News

Tags:

Mahasiswa aktif di kancah internasional Polije kisah inspiratif Prestasi Politeknik Negeri Jember Jember