Kondisi Kurang Layak, BHS Dorong Pemkot Surabaya Renovasi Pasar Krembangan

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Moana

25 Februari 2023 11:04 25 Feb 2023 11:04

Thumbnail Kondisi Kurang Layak, BHS Dorong Pemkot Surabaya Renovasi Pasar Krembangan Watermark Ketik
Anggota Dewan Pakar DPP Partai Gerindra Bambang Harjo Soekartono (BHS) saat berinteraksi dengan pedagang di Pasar Krembangan Surabaya, Sabtu (25/2/2023). (Shinta Miranda Sari/KETIK)

KETIK, SURABAYA – Anggota Dewan Pakar DPP Partai Gerindra Bambang Harjo Soekartono (BHS) melakukan kunjungan di Pasar Krembangan Surabaya, Sabtu (25/2/2023). 

Kedatangan Calon Ketua Persatuan Pedagang Pasar Indonesia Raya (PAPERA) Jatim bersama Tim BHS Peduli tersebut guna melihat dari dekat kondisi kelayakan pasar. 

Menurut BHS, Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto memiliki komitmen tinggi terhadap permasalahan pasar-pasar tradisional. Seperti kelayakan infrastruktur, fasilitas, hingga saluran air atau sanitasi. Begitu pula dengan Tim BHS Peduli. 

"Pak Prabowo ternyata sudah membentuk sayap partai yang menangani masalah pasar, namanya PAPERA dan kebetulan nanti saya dilantik sebagai ketuanya di Jawa Timur," kata BHS didampingi Ketua DPC Gerindra Surabaya Cahyo Harjo Prakoso dan Direktur Utama PT Dharma Lautan Utama (DLU) Erwin H Poedjono.

Saat mengunjungi pasar Krembangan Surabaya, BHS juga berdiskusi dengan para pedagang. Ia kemudian berkeliling dan memantau langsung kondisi dan situasi pasar yang kurang ramai. Apalagi, di sekitar lantai masih banyak sampah berserakan. Begitu pula bagian atap. Bocor saat musim hujan tiba. 

Padahal menurutnya, pedagang pasar merupakan pengungkit ekonomi. Namun tempat mereka mengais rezeki tak layak ditempati. 

"Kondisi infrastrukturnya sangat kurang layak dan ke depannya melalui DPC Gerindra Surabaya kita mendesak Pemerintah Kota untuk merenovasi Pasar Krembangan," tegas Anggota DPR RI 2014-2019 yang kini mulai bersiap mencalonkan diri kembali. 

"Sehingga ini menjadi layak dan diminati ibu-ibu lagi, ini sudah mulai menurun (sepi)," sambung alumnus ITS tersebut.

BHS menilai, pasar di Surabaya memang banyak yang layak dan seharusnya sudah mendapatkan standarisasi SNI. Namun, sampai sekarang belum distandarkan oleh Pemkot Surabaya.

Sehingga, BHS berharap dinas terkait ataupun wali kota beserta wakilnya dapat memberikan sertifikat SNI ke seluruh pasar yang dikelolanya.

"Jadi masih belum ada satu pun pasar di Surabaya yang standarisasi SNI. Padahal Wonokromo itu sudah layak, sudah mampu menjadi pasar berstandarisasi SNI. Tapi belum ada yang mengusahakan itu," tegas Ketua Dewan Penasehat Daerah Partai Gerindra Provinsi Jatim tersebut.

Di tempat yang sama, Ketua DPC Gerindra Surabaya Cahyo Harjo Prakoso menjelaskan, bahwa Partai Gerindra sangat peduli dengan kesejahteraan umum dan kesehatan masyarakat.

"Karena itu beliau (BHS) akan membantu sanitasi karena sanitasi ini penting, kita tahu tadi toiletnya itu tidak ada WC dan para pedagang dan juga yang tinggal di sini. WC nya itu di taman yang sangat jauh, mereka harus menempuh jalan yang sangat jauh dan lain-lainnya," ucapnya.

Cahyo juga melihat bahwa di Pasar Krembangan juga tidak ada tempat sampah di samping permasalahan banjir yang menjadi keluhan pedagang.

"Tidak ada tempat sampah terpadu, mungkin ada beberapa orang yang akan menyampaikan mungkin ini karena pedagang, tapi tidak hanya itu karena memang belum ada tempat sampah terpadu yang memang layak untuk para pedagang untuk membuang sampah maupun konsumennya," terangnya.

Selain melihat kondisi pasar, tim BHS Peduli dan Direktur Utama PT DLU Erwin H Poedjono juga menggelar bakti sosial cek kesehatan gratis bagi warga Krembangan Surabaya dan pedagang pasar di Kawasan Surabaya Utara tersebut.

BHS yang juga Penasehat Utama DLU mengatakan, kegiatan cek kesehatan gratis ini dalam rangka merayakan HUT ke-15 Gerindra dan Hari Jadi ke-47 PT DLU sebagai bentuk upaya bersama menjaga kesehatan masyarakat.

BHS juga mensosialisasikan keunggulan bandeng untuk dikonsumsi warga karena mengandung Omega 3 tertinggi guna mengurangi angka stunting. Hal ini selaras dengan Gerakan Revolusi Putih Gerindra.

"Atas inisiatif Pak BHS kita sama-sama ke  Krembangan. Karena kita juga perlu cek kesehatan di sini dan Alhamdulilah sambutannya juga cukup bagus masyarakat di sini," kata Erwin.(*) 

 

Tombol Google News

Tags:

Bambang Haryo Soekartono BHS Pemkot Surabaya BHS Peduli Pasar Krembangan