Kunjungi Surabaya, Wajib Rasakan 5 Makanan Khas Kota Pahlawan

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Rudi

22 April 2023 06:00 22 Apr 2023 06:00

Thumbnail Kunjungi Surabaya, Wajib Rasakan 5 Makanan Khas Kota Pahlawan Watermark Ketik
Rujak Cingur salah satu makanan khas Surabaya yang wajib dicoba, Jumat (21/4/2023). (Foto : Doyan Resep)

KETIK, SURABAYA – Lebaran menjadi momen yang tepat untuk berkumpul bersama sanak saudara. Dalam berkumpul itu, tidak jarang masyarakat akan menggelar makan-makan bersama.

Bahkan saat berkunjung ke Surabaya, masyarakat memilih makan-makanan khas Kota Pahlawan. Berikut ini lima makanan khas Surabaya yang wajib dicoba.

1. Rawon
Makanan yang menggunakan kluwek sebagai  bahan dasar makanan ini menjadikan rawon salah satu kuliner khas dari Surabaya. Dengan kuah kental serta irisan daging membuat makanan ini digemari masyarakat jika berkunjung ke Kota Surabaya.

2. Rujak Cingur
Menggunakan bahan dasar petis, menjadikan makanan ini banyak dicari saat berkunjung ke Surabaya. Menggunakan cingur sapi atau mulut sapi membuat makanan ini nikmat saat dinikmati bersama saudara dan keluarga.

3. Gado-Gado
Hanya dengan menggunakan sayur-sayuran yang disiram bumbu kacang membuat makanan ini banyak dicari jika berkunjung ke Surabaya. Sebetulnya gado-gado juga ada di Jakarta maupun tempat lain, namun gado-gado khas Surabaya memiliki cita rasa bumbu kacang yang manis dan kental.

4. Lontong Balap
Makanan khas Surabaya ini banyak menggunakan petis yang menjadikan makanan akan semakin gurih dan nikmat. Ini termasuk lontong balap yang memang menjadi primadona saat berkunjung ke Surabaya.

5. Tahu Tek
Sama dengan lontong balap dan rujak cingur, tahu tek merupakan makanan asli Surabaya yang menggunakan petis sebagai cita rasa yang khas. Hanya menggunakan bahan dasar tahu menu ini memang cocok disantap di malam hari. (*)

Tombol Google News

Tags:

lebaran mudik Kuliner Surabaya Surabaya