Lakukan 3 Langkah Mudah ini Untuk Cegah Bibir Kering

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

6 Mei 2024 07:15 6 Mei 2024 07:15

Thumbnail Lakukan 3 Langkah Mudah ini Untuk Cegah Bibir Kering Watermark Ketik
Ilustrasi bibir merah dan sehat. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Di tengah cuaca yang saat ini tengah panas, tentu bibir kita akan lebih mudah kering, pecah-pecah hingga menjadi gelap. Kondisi ini tentu saja dapat mengganggu penampilan kita, selain itu kondisi bibir kering dan pecah-pecah juga bisa menjadi masalah kesehatan.

Karena menjadi salah satu bagian tubuh yang sering terekspose, bibir kering biasanya terasa nyeri. Belum lagi ditambah polesan make up seperti lipstik tentu dapat memperpatah kondisi bibir anda.

Oleh karena itu, merawat bibir tidak kalah penting seperti merawat bagian tubuh lainnya agar bibir terlihat sehat, merona dan menarik. Sayangnya, masih banyak yang menganggap remeh, bahkan tidak tahu cara merawat bibir kering.

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Berikut 3 solusi ampuh bibir sehat dan merona.

1. Berhenti menjilat dan mengupas kulit bibir

Saat bibir terasa kering kebanyakan orang akan langsung menjilatinya dengan lidah agar kembali menjadi lembab. Tanpa disadari hal ini justru bisa membuat bibir akan semakin kering, karena air ludah bisa menguap cepat dan tidak meresap ke dalam kulit bibir.

Selain itu mengupas kulit bibir yang kering juga sebaiknya dihindari karena akan memperburuk kondisi bibir, dimana bibir akan terasa lebih nyeri.

2. Konsumsi air putih cukup

Rutin dan cukup minum air putih memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Dengan memenuhi asupan cairan dalam tubuh, maka kulit tubuh akan terhidrasi dengan baik, termasuk bibir yang akan terlihat sehat dan tidak kering. 

Kamu wajib minum air putih kurang lebih 2 liter sehari atau setara dengan 8 gelas. Tidak hanya membantu mencegah bibir kering, minum air yang cukup setiap harinya dapat melembapkan dan mencerahkan warna bibir.

3. Exfoliasi

Exfoliasi atau pengelupasan kulit rupanya tidak hanya terjadi pada wajah, tetapi jiga pada bibir. Exfoliasi memiliki banyak manfaat dalam menjaga kesehatan bibir, salah satunya mengangkat sel kulit mati. Dengan exfoliasi yang rutin bibir akan tampak sehat dan merona.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kecantikan kesehatan Bibir Kering Bibir pecah pecah Exfoliasi air putih