Lakukan Reboisasi di Perkebunan Kalijompo, Bupati Jember: Menjaga Keseimbangan Alam

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Muhammad Faizin

16 Desember 2023 08:40 16 Des 2023 08:40

Thumbnail Lakukan Reboisasi di Perkebunan Kalijompo, Bupati Jember: Menjaga Keseimbangan Alam Watermark Ketik
Bupati Jember menanam pohon di kawasan Perkebunan Kalijompo (16/12/2023) (Foto: Diskominfo Jember)

KETIK, JEMBER – Akhir tahun seringkali terjadi hujan dengan curah tinggi, bahkan rawan banjir dan tanah longsor. Penanaman ribuan pohon dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam.

Bupati Jember Hendy Siswanto melakukan reboisasi di kawasan wisata Perkebunan Kalijompo, Sukorambi, pada Sabtu (16/12/2023) pagi. Bersama Wakil Bupati Jember KH. MB. Firjaun Barlaman, Sekda Kab. Jember Hadi Sasmito, sejumlah kepala OPD, dan jajaran Muspika Sukorambi.

Menurutnya, kegiatan reboisasi ini sangat penting yang berkaitan dengan kebencanaan dan mitigasi. Apalagi kawasan Perkebunan Kalijompo berada di kaki Gunung Argopuro. Berisiko terjadi bencana khususnya saat musim hujan datang.

“Reboisasi adalah kegiatan sosial yang menjaga keseimbangan alam. Allah SWT sudah memerintahkan kita untuk menjaga dan tak boleh merusak alam,” papar bupati memberikan sambutan.

Pemerintah menjadi pemicu awal program ini. Kemudian keberadaan masyarakat, relawan kebencanaan, dan mahasiswa menjadi penting. 

“Hari ini kita melakukan penanaman untuk mencegah banjir. Menanam saja, tumbuhnya pasti lama. Oleh karena itu, menjadi penting apa yang kita lakukan mulai hari ini,” ujar Hendy.

Kegiatan sosial alam ini diharapkan tidak hanya dilakukan sebatas seremonial saja, namun berkelanjutan. “Kalau diadakan setiap Minggu lebih asik, apalagi ada wisata tangguh bencana di sini. Nah, ini harus dijaga oleh kita semua,” lanjutnya.

Lebih lanjut, bupati juga mengimbau seluruh pihak untuk rajin membersihkan sungai. Belum lagi, hujan yang kerap terjadi pada akhir tahun dapat mengakibatkan banjir di sejumlah titik. “Mari kita tanggulangi sedini mungkin,” pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

reboisasi Perkebunan Kalijompo bpbd Gunung Argopuro Jember