Lapak Pedagang di Lantai Satu Pasar Comboran Masih Proses Pembersihan

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: M. Rifat

14 September 2024 14:02 14 Sep 2024 14:02

Thumbnail Lapak Pedagang di Lantai Satu Pasar Comboran Masih Proses Pembersihan Watermark Ketik
Proses pembersihan lapak pedagang di lantai satu Pasar Comboran, 14 September 2024. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Sejak Sabtu, 14 September 2024 pagi, petugas telah membersihkan lapak pedagang yang ada di lantai satu Pasar Comboran. Pembersihan tersebut dilakukan pada lapak di pinggir bangunan yang dinilai mudah terbakar.

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang, Eko Sri Yuliadi menjelaskan pemadaman lantai dua dan tiga Pasar Comboran telah dilakukan kemarin malam.

"Update hari ini, satu kita melakukan pembersihan. Kemarin kan pemadaman udah selesai. Sekarang pembersihan, sudah kita bersihkan semua," ujar Eko.

Lapak-lapak tambahan milik pedagang tersebut dibongkar untuk mempermudah proses pembersihan dan pengecatan di lantai dua dan tiga. Nantinya lapak tersebut akan dilakukan penataan ulang.

"Nanti pemerintah akan berpikir bagaimana penataannya. Paling penting kita bersihkan dulu terutama barang yang mudah terbakar. Nanti membersihkan atas itu perlu tangga, naik-naik semua," lanjutnya.

Dari pendataan sementara, di Pasar Comboran terdapat 1.256 kios. Namun, hanya ada 389 kios yang aktif. Sedangkan baru ada 71 pedagang yang terdampak dan telah didata oleh petugas.

"Kedua melakukan pengamanan, sementara gak boleh ada yang masuk dulu, kecuali pedagang. Kalau pedagang silakan, masuk melihat dagangannya," tambahnya.

Peristiwa tersebut juga berdampak pada terbakarnya 11 mobil di area parkir lantai tiga. Eko menekankan bahwa saat ini Pemkot Malang berupaya menata dan mengamankan pasar agar segera berfungsi seperti sedia kala.

"Pemerintah itu tujuannya menata dengan kondisi seperti ini, mengamankan dan mengatur kembali. Makanya dibutuhkan dukungan dari temen-temen semuanya. Harus saling paham," katanya.

Ia berharap proses pembersihan dapat segera selesai. Termasuk untuk menyiapkan tempat relokasi bagi para pedagang yang terdampak.

"Nanti ada kajian. Kita akan undang fakultas teknik bangunan dan gedung. Kita situasi seperti ini prihatin. Kita jarus mempunyai empati dengan situasi sekarang ini. Kalau bisa pedagang segera berjualan lagi," tutupnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pasar Comboran Kota Malang Pembersihan Lapak Pedagang Pedagang Pasar Comboran Diskopindag Kota Malang