Layanan Cetak E-KTP di Surabaya Tetap Bertahap

Jurnalis: Kuncoro S.
Editor: Rudi

23 Januari 2023 10:29 23 Jan 2023 10:29

Thumbnail Layanan Cetak E-KTP di Surabaya Tetap Bertahap Watermark Ketik
Layanan E-KTP di Surabaya dimulai lagi, blangko sudah tersedia. (Ilustrasi: Pemkot)

KETIK, SURABAYA – Kabar gembira bagi warga kota Surabaya yang akan mengrus E KTP. Blangko E-KTP kini sudah tersedia. Namun demikian pencetakannya dilakukan masih bertahap.

Warga yang ingin mencetak E-KTP (Kartu Tanda Penduduk) tidak perlu ribet. Mereka cukup cek atrean dari Dispendukcapil melalui E-Kitir. Caranya bisa dilihat di Smartphone yang dimiliki. Ketika membuka smartphone, warga diarahkan ke website resmi Dispendukcapil. 

Menurut informasi di Pemkot Surabaya, jatah blangko fisik kartu pendudia (E- KTP) yang diterima jumlahnya cukup banyak. Adanya kekurangan blangko E-KTP di Surabaya tersebut telah mendapat perhatian dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Seperti pernah diberitakan warga yang akan mengurus kartu tanda penduduk tersebut sempat tersendat. 

Sampai berita ini diturunkan ada informasi dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dipependukcapil) pencetakan blangko E-KTP mencapai 75 ribu lembar.

 Pencetakan kartu tanda penduduk ini sesuai dengan nomor antrean, kata sumber di Pemkot Surabaya.

Bagi warga kota yang belum mendapat fisik kartu E-KTP bisa menanfaatkan surat keterangan KTP digital. Warga tidak semuanya bisa membuka laman resmi Dispendukcapil Surabaya. Karena itu, ntuk mempermudah, petugas dari kecamatan akan membantu warga yang akan mencetak E-KTP yang diinginkan. 

Dalam laman Dispendukcapil itu akan keluar nomor antrean bagi warga yang akan mengurus EKTP. Sementara nomor antrean di laman tersebut terus bergerak. 

Kalau dilihat nomor antrean memang cukup panjang. Menurut salah seorang petugas di Kecamatan Tandes, warga tidak perlu khawatir. Sebab blangko E-KTP yang diterima Pemkot Surabaya jumlahnya cukup banyak. 

Sementara itu Kepala Dispendukcapil Surabaya, Agus Imam Sonhaji kepada salah satu awak media mengatakan adanya kiriman blangko EKTP pihaknya siap mencetak untuk keperluan warga. Permintaan blangko EKTP ini bukan dari Pemkot Surabaya. Namun blangko tersebut juga banyak diminta daerah-daerah lain di seluruh Indonesia. Karena itulah pengirimannya dilakukan secara bertahap.

Syarat untuk cetak E-KTP ini tidak sulit. Warga yang membutuhkan buka di smartphone: 1.Cukup Scan QR code pada E-Kitir, 2. Masuk ke Laman Dispendukcapil, 3. Pilih kolom Pengajuan E-KTP Elektronic dan 4. terakhir cek nomor antrean. 

Layanan mengurus E-KTP ini cukup simple dan tidak ribet. Yang sudah mengisi data cukup menunggu cetak sesuai antren. Dalam waktu yang relatif singkat E-KTP yang diperlukan akan teratasi. (*)

Tombol Google News

Tags:

EKTP bisa dipesan