LBH Narendradhipa Rejang Lebong Sukses Gelar Pendidikan Bantuan Hukum Angkatan II

Jurnalis: Reno Diqqi Alghzali
Editor: M. Rifat

19 Maret 2024 14:00 19 Mar 2024 14:00

Thumbnail LBH Narendradhipa Rejang Lebong Sukses Gelar Pendidikan Bantuan Hukum Angkatan II Watermark Ketik
Peserta Pendidikan Bantuan Hukum berswafoto di kantor LBH Narendradhipa (17/3/2024). (Foto: Ayu Yulia Muhsari For Ketik.co.id)

KETIK, REJANG LEBONG – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Narendradhipa, Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu menggelar Pendidikan Bantuan Hukum Jilid II, di Kantor LBH Narendradhipa, Kecamatan Curup Selatan.

Kegiatan yang digelar selama 3 hari sejak 15-17 Maret 2024 ini tak hanya berkonsentrasi dalam peningkatan pendampingan hukum terhadap masyarakat dalam bidang litigasi, tetapi juga fokus peningkatan kapasitas pendampingan hukum non litigasi.

"Pendidikan Bantuan Hukum (PENANKU) LBH Narendradhipa ini sekaligus tahapan penting dalam merekrut pengabdi bantuan hukum atau paralegal," ujar Ketua Panitia Pendidikan Bantuan Hukum Jilid II, Indah Gita Pertiwi.

Pendidikan Bantuan Hukum Jilid II Narendradhipa Rejang Lebong ini mengusung tema aktualisasi paralegal Narendradhipa sebagai leading sektor dalam mengakses keadilan.

"Peserta pendidikan ini diikuti 38 orang yang berasal dari beberapa elemen keorganisasian mahasiswa serta elemen masyarakat," terang Gita.

Di sisi lain, Direktur LBH Narendradhipa Moeh. Ramdani, SH MH, CM menjelaskan, pendidikan pemberian bantuan hukum/paralegal ini akan menjadi salah satu strategi utama LBH Narendradhipa dalam menjadikan paralegal sebagai agen dalam membantu menyelesaikan permasalahan hukum di masyarakat.

Melalui pendidikan ini, Ramdani berharap agar ke depan bisa semakin meningkatkan dampak positif pada kerja-kerja advokasi dan layanan bantuan hukum yang dilakukan oleh LBH Narendradhipa.

Karena itu kegiatan Pendidikan Bantuan Hukum (PENANKU) mejadi agenda tahunan LBH Narendradhipa, dan tahun ini pendidikan periode ke dua.

"Alhamdulillah, kegiatan pendidikan terlaksana dengan lancar dan sukses. LBH Narendradhipa Rejang Lebong terus berkomitmen dalam meningkatkan pelayanan dalam mendampingi permasalah hukum di masyarakat," jelas Ramdani.

Sementara itu, salah seorang peserta mengatakan, dengan mengikuti Pendidikan Bantuan Hukum ini dia banyak mendapat wawasan baru yang tidak pernah didapatkannya di bangku kuliah.

"Materi-materi yang diberikan sangat menarik, disampaikan oleh narasumber-narasumber hebat yang linier dengan profesi dalam bidang hukum," ungkap Kevin Saputra.

Dengan mengikuti pendidikan tersebut, Kevin mengaku bisa mengasah soft skill dan hard skill sebagai bekal ketika menghadapi persoalan hukum di masyarakat.

“Kami berterima kasih kepada LBH Narendradhipa yang telah mengadakan pendidikan bantuan hukum ini semoga melalui pendidikan dalam melahirkan pengabdi/paralegal bantuan hukum yang lebih berkualitas dalam mendampingi masyarakat,” pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

LBH Bantuan Hukum Curup Rejang Lebong Sarjana Hukum IAIN Curup
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1