Lindungi Buah Hati, Ning Sasha Dorong Imunisasi untuk Cegah AKB-AKI

Jurnalis: Fathur Roziq
Editor: Marno

8 Juni 2023 14:01 8 Jun 2023 14:01

Thumbnail Lindungi Buah Hati, Ning Sasha Dorong Imunisasi untuk Cegah AKB-AKI Watermark Ketik
Ning Sasha (tengah) bersama kader-kader TP PKK Kabupaten Sidoarjo dan narasumber sosialisasi imunisasi di Balai Desa Tulangan, Sidoarjo, Kamis (8/6/2023). (Foto: Diskominfo Sidoarjo)

KETIK, SIDOARJO – Anak merupakan amanat dari Tuhan. Orang tua punya tanggung jawab besar untuk menjaga kesehatan buah hati mereka secara paripurna. Imunisasi lengkap menjadi kuncinya. Agar masa depan anak cerah.

Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Sidoarjo Hj Sa’adah Ahmad Muhdlor SHum gencar menyosialisasikan pentingnya imunisasi dasar lengkap bagi anak-anak. Imunisasi lengkap ini diyakini mampu menghindarkan anak dari berbagai penyakit. Misalnya, difteri, polio, campak, dan tuberkulosis.

”Dengan imunisasi, kita lindungi buah hati kita agar bisa tumbuh sehat dan maksimal,” kata Ning Sasha, sapaan Sa’adah Ahmad Muhdlor, di Balai Desa Tulangan, Kecamatan Tulangan, Kamis (8/6/2023).

Sasaran sosialisasi adalah para kader posyandu dan kader PKK Desa Tulangan serta Desa Janti, Kecamatan Tulangan.  Mereka terlihat sungguh-sungguh memperhatikan ajakan dan nasihat Ning Sasha. Kesehatan anak disadari sangat penting artinya bagi masa depan mereka.

Dalam sosialisasi kerja sama antara PKK dan Dinas Kesehatan Sidoarjo itu, Ning Sasha juga meminta peran aktif kader PKK dalam menurunkan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB). Salah satu caranya adalah membudayakan Lima Imunisasi dasar Lengkap (LIL).

Budaya sadar LIL itu, lanjut dia, harus terus disosialisasikan oleh kader-kader PKK kepada para orang tua. Khususnya, warga sekitar tempat tinggal masing-masing. Orang tua yang memiliki balita didorong untuk rajin membawa buah hati mereka ke tempat pelayanan kesehatan terdekat.”Dapatkan imunisasi dasar lengkap untuk anak-anak," ungkapnya.

Menurut Ning Sasha, pemberian imunisasi dasar lengkap kepada balita merupakan kewajiban ayah-ibunya. Dia mengaku prihatin jika saat ini masih banyak orang tua yang mengabaikan pentingnya imunisasi dasar lengkap bagi anak-anak mereka. Padahal, balita memiliki imunitas tubuh yang belum kuat.

”Saat ini di Indonesia masih ada anak-anak yang belum mendapatkan imunisasi lengkap. Bahkan, tidak pernah diimunisasi sedari lahir. Itu menyebabkan mereka mudah tertular penyakit berbahaya karena tidak adanya kekebalan," jelasnya.

Dampak berikutnya ialah meningkatnya angka kasus AKI dan AKB. Karena itu, dibutuhkan kerja keras bersama untuk meyakinkan setiap orang tua. Bahwa imunisasi dasar lengkap sangat penting demi melindungi anak-anak dari berbagai penyakit.

”Imunisasi rutin merupakan program pemerintah. Masyarakat tidak perlu mengeluarkan biaya,” ucapnya.

Ning Sasha terus mengajak kader-kader PKK untuk tetap bersemangat dan kreatif mengampanyekan program imunisasi ini. Jangan lelah mengedukasi ibu-ibu yang memiliki anak kecil. Ajak mereka membawa buah hati masing-masing ke tempat pelayanan kesehatan untuk mendapatkan imunisasi. Tidak perlu percaya isu-isu negatif yang tidak tepat tentang imunisasi ini. (*)

Tombol Google News

Tags:

Ning Sasha imunisasi lengkap kesehatan anak Pemkab Sidoarjo Sidoarjo hari ini Dinkes Sidoarjo