Lomba Cipta Menu B2SA, Ketua TP PKK Asahan Tinjau Langsung Hasil Masakan ke Stand Peserta

Jurnalis: Ilham Manday
Editor: M. Rifat

11 September 2024 02:01 11 Sep 2024 02:01

Thumbnail Lomba Cipta Menu B2SA, Ketua TP PKK Asahan Tinjau Langsung Hasil Masakan ke Stand Peserta Watermark Ketik
Ketua TP PKK Kabupaten Asahan, Titiek Sugiharti Surya beserta pengurus, ke lokasi stand untuk melakukan peninjauan, 10 September 2024. (Foto : Diskominfo Asahan)

KETIK, ASAHAN – Bupati Asahan, H Surya membuka Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Berbasis Sumber Daya Lokal Kabupaten Asahan di Halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kabupaten Asahan, Selasa 10 September 2024. 

Ketua TP PKK Kabupaten Asahan, Titiek Sugiharti Surya beserta pengurus juga turun langsung ke lokasi stand untuk melakukan peninjauan.

Di kesempatan ini, Kepala Dinas Ketapang Kabupaten Asahan, H. Ali Muqhofar menyampaikan maksud dan tujuan diselenggarakan kegiatan ini. Yakni untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan B2SA dan meningkatkan pemahaman masyarakat dalam penerapan prinsip B2SA.

Serta mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat dalam mengembangkan dan menciptakan menu makanan yang B2SA berbasis sumber daya lokal.

Ali juga melaporkan, sasaran dari kegiatan ini TP PKK Kecamatan yang berasal dari 25 Kecamatan yang ada di Kabupaten Asahan dengan bahan baku pagan lokal selain beras seperti jagung, ubi kayu, keladi, sagu, dan lain-lain.

Di tempat yang sama, Bupati Asahan mengatakan, salah satu upaya untuk mensosialisasikan konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman, sebagaimana diamanatkan oleh Peraturan Presiden Nomor 22 Tahun 2009, tentang Kebijakan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal.

Maka dari itu dilaksanakan Lomba Cipta Menu beragam, bergizi, seimbang dan aman berbasis sumber daya lokal ini. Melalui lomba ini, diharapkan dapat memantapkan kemandirian pangan lokal dan pelestarian Sumber Daya Alam, dengan memanfaatkan hasil potensi alam daerah.

Misalnya sagu, jagung, singkong, ubi jalar, pisang, sukun dan lain-lain yang tersebar di seluruh kecamatan. Pengolahan menjadi dengan bahan proses pangan fungsional yang mengandung berbagai nutrisi dan mampu meningkatkan kualitas konsumsi pangan dan dapat membantu penambahan pendapatan rumah tangga.

Sekaligus untuk memotivasi masyarakat agar mau mengkonsumsi makanan sesuai Pola Pangan Harapan (PPH).

"Kami mengharapkan kepada para Camat dan seluruh Kepala OPD Pemerintah kabupaten asahan dan pihak-pihak yang terkait dengan pengelolaan pangan agar senantiasa melakukan upaya-upaya maksimal untuk menjamin kemantapan ketahanan pangan, khususnya di Kabupaten Asahan, baik yang berkaitan dengan produksi, ketersediaan, distribusi, dan keamanan pangan," ungkap Bupati Surya.

Di akhir kegiatan Bupati Asahan dan Ketua TP PKK Kabupaten Asahan meninjau secara langsung ke stand Kecamatan yang mengikuti lomba cipta menu B2SA.

Pemenang pada Lomba Cipta Menu Juara 1 Nilai 454 Nomor Urut 21 Kecamatan Aek Songsongan, Juara 2 Nilai 450 Nomor Urut 24 Kecamatan Simpang Empat. Juara 3 Nilai 441 Nomor Urut 18 Kecamatan Air Batu.

Sementara Harapan 1 Nilai 416 Nomor Urut 23 Kecamatan Setia Janji, Harapan 2 Nilai 414 Nomor Urut 22 Kecamatan Buntu Pane dan Harapan 3 Nilai 377 Nomor Urut 20 Kecamatan Meranti. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pemkab Asahan Bupati Asahan TP PKK Kabupaten Asahan Lomba Cipta Menu Kantor Dinas Ketahanan Pangan H. Surya Titiek Sugiharti Surya