Longsor Tol Bocimi, Menko PMK Sampaikan Permohonan Maaf kepada Pemudik

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

18 April 2024 09:29 18 Apr 2024 09:29

Thumbnail Longsor Tol Bocimi, Menko PMK Sampaikan Permohonan Maaf kepada Pemudik Watermark Ketik
Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto bersama Menko PMK Muhadjir Effendy saat meninjau lokasi longsor di tol Bocimi. (Foto: Dok. BNPB)

KETIK, JAKARTA – Bencana longsor yang terjadi pada ruas tol Bogor - Ciawi - Sukabumi (Bocimi) pada hari Rabu (17/4/2024) kemarin mengakibatkan seksi 3 tidak bisa maksimal digunakan pada saat momen mudik dan balik Idulfitri 1445 H.

Berangkat dari hal tersebut, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mendampingi Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan ( PMK ) Muhadjir Effendy meninjau langsung ke lokasi bencana guna mencari solusi perbaikan agar tol Bocimi bisa segera digunakan.

Pada kesempatan tersebut, Menko PMK menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat dan para pemudik yang terganggu perjalanannya karena bencana longsor tersebut.

Abdul Muhari, Ph.D. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB mengatakan lokasi longsor yang terjadi pada ruas tol Parung Kuda arah Sukabumi tersebut berada tepat di Kilometer 64 - 600 A seksi Cigombong - Cibadak Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. 

"Untuk proses perbaikan akan memakan waktu sekitar empat bulan ke depan. Perbaikan akan dilakukan secepat mungkin agar jalur ini bisa segera digunakan masyarakat," jelasnya dalam keterangan tertulis.

Sementara, agar tak terjadi kemacetan panjang di jalur arteri nasional, Kementrian PUPR, Waskita Karya, Pemerintah Kabupaten Sukabumi serta TNI dan Polri bergerak cepat melakukan pencegahan dan pemulihan sehingga masih terdapat satu jalur Sukabumi - Jakarta yang tetap masih bisa digunakan para pemudik.(*)

Tombol Google News

Tags:

bencana longsor Tol Bocimi Menko PMK Muhadjir Effendy Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto Arus mudik jalur arteri nasional