Masak Nasi Tidak Harus Pakai Rice Cooker lho, Ini Tips Menanak Nasi Menggunakan Microwave

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

21 Oktober 2023 23:01 21 Okt 2023 23:01

Thumbnail Masak Nasi Tidak Harus Pakai Rice Cooker lho, Ini Tips Menanak Nasi Menggunakan Microwave Watermark Ketik
Ilustrasi microwave.(Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Nasi adalah makanan pokok bagi banyak masyarakat Indonesia. Biasanya orang memasak nasi dengan rice cooker atau kompor, karena peralatan ini umumnya banyak dimiliki di rumah.

Tapi bagaimana jika kemudian tiba-tiba rice cooker kita rusak atau tak bisa menemukan rice cooker di tempat baru dan adanya hanya microwave? Ternyata kita bisa lho memasak nasi di mocrowave. Bagaimana caranya? Ikuti tips berikut ini.

1. Siapkan beras yang akan dimasak

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencuci beras hingga bersih. dan tuang air secukupnya tergantung jenis beras yang digunakan.

2. Gunakan wadah tahan panas

Sebelum dimasukkan ke dalam microwave taruh beras diwadah yang tahan panas. Perlu diingat, sebaiknya menggunakan wadah ukuran lebih besar karena beras akan mengembang saat dimasak. Kamu tidak ingin microwave jadi kotor atau bahkan rusak karena nasi yang membeludak karena wadahnya kekecilan.

3. Proses memasak

Nyalakan microwave, masukkan wadah beras ke dalamnya lalu tutup. Atur dengan suhu paling tinggi. Masak selama 10 menit. Nasi tidak harus diaduk-aduk selama proses pemasakan di dalam microwave dan tidak perlu ditutupi bagian atasnya selama proses microvawe berjalan. Setelah 10 menit, ganti suhu microwave ke suhu rendah. Lanjutkan memasak nasi dengan microwave suhu rendah selama 15 menit.

4. Aduk nasi

Setelah matang aduk nasi. Aduk rata nasi dengan garpu, setelah 15 menit terakhir memasak, nasi siap disantap. Jika nasi masih kurang matang, masak lagi di dalam microwave selama beberapa menit lagi.(*)

Tombol Google News

Tags:

Microwave memasak nasi dapur trik Beras