Mastercard dan Indosat Jalin Kerja Sama, Sorot Potensi Teknologi Pembayaran Masa Depan

Jurnalis: Wisnu Akbar Prabowo
Editor: Millah Irodah

24 Oktober 2024 09:58 24 Okt 2024 09:58

Thumbnail Mastercard dan Indosat Jalin Kerja Sama, Sorot Potensi Teknologi Pembayaran Masa Depan Watermark Ketik
Indosat Ooredoo Hutchison dan Mastercard saat menunjukkan inovasi mereka, yakni transaksi dalam kendaraan, Jakarta, Selasa 22 Oktober 2024. (Foto: Indosat Ooredoo Hutchison for Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Mastercard dan Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) bekerja sama untuk berinovasi di tengah kemajuan teknologi yang pesat. Dalam hal ini, keduanya menampilkan teknologi mutakhir dalam sistem transportasi dan pembayaran.

Melalui prototipe yang mengintegrasikan solusi pembayaran dalam kendaraan dari Mastercard dengan sistem manajemen armada berbasis kecerdasan buatan (AI) dari Indosat, NEXTFleet, keduanya berkolaborasi untuk ekosistem transportasi yang terkoneksi.

Kolaborasi ini merupakan langkah penting bagi kedua belah pihak yang menunjukkan potensi besar serta menggabungkan mobilitas dan transaksi untuk membentuk kembali mobilitas perkotaan di Indonesia.

President Director and Chief Executive Officer IOH, Vikram Sina mengatakan, kerja sama ini merupakan ambisi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia melalui AI dan teknologi inovatif.

“Kami berkomitmen untuk memanfaatkan AI dan teknologi inovatif guna merevolusi mobilitas perkotaan di Indonesia. Kemitraan dengan Mastercard menggarisbawahi ambisi kami menjadi AI TechCo, yang mencerminkan tujuan besar kami dalam memberdayakan Indonesia,” kata Vikram, Kamis 24 Oktober 2024.

Vikram menjelaskan, prototipe yang dibangun bersama Mastercard menampilkan solusi pembayaran dalam kendaraan yang memungkinkan para pengemudi bertransaksi dengan aman dan mudah– baik untuk pengisian bahan bakar, pembayaran tol, pengisian baterai kendaraan listrik, ataupun pemesanan restoran drive-through.

Para pengguna nantinya bisa melakukan transaksi melalui dasbor kendaraan tanpa perlu meninggalkan kendaraan mereka. Dia menambahkan, pengemudi dapat menyimpan kredensial pembayaran secara aman dalam sistem infotainment kendaraannya, dan mengautentikasi pembayaran hanya dengan menggunakan sidik jari.

“Dengan memanfaatkan inovasi tokenisasi dan biometrik Mastercard, NEXTFleet dari Indosat melengkapi ini dengan membantu perusahaan untuk merencanakan, menjadwalkan, dan memantau armada secara real-time lewat aplikasi seluler dan perangkat IoT,” jelas Vikram.

Sementara itu, Country Manager and President Director PT Mastercard Indonesia, Aileen Goh menyebutkan, peningkatan transaksi digital di Indonesia yang diproyeksi tumbuh sebesar 25,77 persen di 2024 menghadirkan peluang signifikan bagi solusi inovatif yang meningkatkan pengalaman mobilitas.

Hal ini mendorong Mastercard untuk berinovasi di berbagai sektor, seperti pembayaran digital, keberlanjutan, keamanan siber, dan pariwisata.

“Mastercard dalam mobility-as-a-service dan solusi pembayaran dalam kendaraan merupakan bagian dari upaya global kami untuk mengeksplorasi teknologi mutakhir bersama para pemimpin industri,” kata dia.

Dia mengatakan, kolaborasi ini memungkinkan inovasi, mobilitas, dan perdagangan yang lebih terhubung dan efisien di Indonesia. Hal ini memiliki potensi tak terhingga, terutama seiring meningkatnya mobilitas masyarakat dari area pedesaan menuju perkotaan. 

Oleh karena itu, Aileen menegaskan bahwa kolaborasi Mastercard dan Indosat akan menentukan arah masa depan solusi teknologi pembayaran dalam kendaraan dan manajemen armada digital. Keduanya tak hanya melewati batas standar industri, namun juga mempercepat hadirnya inovasi. (*)

Tombol Google News

Tags:

Indosat Mastercard Inovasi Pembayaran dalam kendaraan drive-through dasbor