Mau Kunjungan Sejarah ke Banda Neira Maluku? Ini Syarat Mudahnya

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: M. Rifat

21 Maret 2024 16:18 21 Mar 2024 16:18

Thumbnail Mau Kunjungan Sejarah ke Banda Neira Maluku? Ini Syarat Mudahnya Watermark Ketik
Banda Neira Maluku (Foto: Pesona Indonesia)

KETIK, MALUKU TENGAH – Hai sobat, tahukah kamu bahwa Banda Neira memiliki sejarah bangsa Indonesia yang kaya dan penting dalam perdagangan rempah-rempah dunia, terutama cengkih dan pala pada zaman kolonial?

Sejarah mencatat pulau Banda Neira menjadi pusat persaingan bangsa eropa Belanda, Portugis, dan Inggris untuk menguasai perdagangan rempah-rempah di wilayah ini pada abad XVI dan XVII. 

Banda Neira adalah salah satu pulau vulkanik yang ada di gugusan kepulauan Banda, Maluku. Pulau ini menarik perhatian banyak orang sebab menawarkan eksotisme wisata alam sekaligus jejak-jejak sejarah masa lampau.

Secara administratif, pulau Banda Neira merupakan pusat kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Di dalamnya terdapat 12 desa dengan jumlah penduduk sekitar 14.000 orang.

Nama Banda Neira telah dikenal hingga ke mancanegara. Pulau kecil ini merupakan salah satu penghasil pala dan lada terbesar di masa Kolonial. Pada masa kolonial Belanda, lokasi ini menjadi pusat monopoli perdagangan dan pelabuhan rempah-rempah dunia. 

Karena itulah, kepulauan Banda tercatat sebagai salah satu Situs Warisan Dunia Unesco dari Indonesia yang menyimpan jejak kolonial dan pengaruhnya pada sejarah dunia.

Minimnya informasi mengenai keragaman nilai sejarah, arsitektur kolonial dan kekayaan alam di Banda Neira membuat masyarakat luar tidak banyak mengenal sekeping surga tersembunyi di Banda Neira.

Tertarik melakukan pengabdian bersama Sekebun Aksi di pulau Banda Neira? Yuk buruan join SA#7 Banda Neira. Berikut detail acaranya.

📍 𝗧𝗲𝗿𝗯𝘂𝗸𝗮 𝗨𝗻𝘁𝘂𝗸 𝗨𝗺𝘂𝗺/𝗚𝗮𝗽𝘆𝗲𝗮𝗿/𝗠𝗮𝗵𝗮𝘀𝗶𝘀𝘄𝗮 𝗦𝟭/𝗦𝟮/𝗦𝟯, 𝗣𝗲𝗹𝗮𝗷𝗮𝗿 𝗦𝗠𝗔/𝗦𝗠𝗣

 🏝️ 𝗟𝗼𝗸𝗮𝘀𝗶 𝗣𝗲𝗻𝗴𝗮𝗯𝗱𝗶𝗮𝗻: Banda Neira, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku

 📍 𝗧𝗮𝗻𝗴𝗴𝗮𝗹 𝗸𝗲𝗴𝗶𝗮𝘁𝗮𝗻 :12-18 Agustus 2024

📝 𝗔𝗴𝗲𝗻𝗱𝗮 𝗸𝗲𝗴𝗶𝗮𝘁𝗮𝗻 :
✅ Millenial Cinta Alam Peduli Lingkungan
✅ Pendidikan dan Literasi
✅ Djelajah Sejarah
✅ Health Day
✅ Living with Mama Papa Banda Neira
✅ Bootcamp Wirausaha Desa 
✅ Spesial Camping in Pulau Hatta
✅ Explore Wonderfull Surga Bahari Banda Neira

🌱𝑱𝒂𝒈𝒂 𝒂𝒍𝒂𝒎 𝒑𝒆𝒅𝒖𝒍𝒊 𝒍𝒊𝒏𝒈𝒌𝒖𝒏𝒈𝒂𝒏

For More Information:

WhatsApp: ‪0821‑4185‑2575‬
Instagram: @sekebun.co
Email: sekebunofficial@gmail.com
Youtube: Sekebun Official. (*)

Tombol Google News

Tags:

pesona Banda Neira Maluku Pesona Indonesia