Membanggakan! Atlet Balap Sepeda Kota Batu Sabet Medali Emas di Ajang Asia

Jurnalis: Sholeh
Editor: M. Rifat

11 Mei 2024 04:35 11 Mei 2024 04:35

Thumbnail Membanggakan! Atlet Balap Sepeda Kota Batu Sabet Medali Emas di Ajang Asia Watermark Ketik
Pandu Satrio Perkasa, Atlet ISSI Kota Batu menerima medali emas kategori Men Junior di Asia Mountain Bike Championship 2024 di Taman Cabaran Putrajaya, Malaysia (11/5/2024). (Foto: Koni Kota Batu)

KETIK, BATU – Pandu Satrio Perkasa, Atlet Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kota Batu berhasil meraih medali emas kategori Men Junior di Asia Mountain Bike Championship 2024 di Taman Cabaran Putrajaya, Malaysia yang digelar pada 7 hingga 13 Mei 2024.

Dalam ajang tersebut, Pandu berlaga di nomor Downhill bersama enam atlet Timnas Indonesia dari berbagai daerah.

"Saya baru pertama kali ini mengikuti even ini, Alhamdulillah diberikan kelancaran, berkat doa dan dukungan semuanya, saya berhasil meraih juara di nomor Men Youth," ujar Pandu, Sabtu (11/5/2024).

Pandu mengulang kembali kesuksesan yang pernah diraih pelatihnya, Hildan Afos Katana yang meraih medali perak dalam Asia Mountain Bike Championship tahun 2009.

Di Asia Mountain Bike Championship 2024, Pandu yang merupakan siswa SMAN 2 Kota Batu itu berhasil jadi jawara di kategori Men Junior dengan catatan waktu 1:12.483 dibuntuti pembalap Thailand dan Taipei.

"Sejarah baru, 15 tahun kami menunggu momen membahagiakan ini, Alhamdulillah, selamat untuk Pandu," ujar pelatih ISSI Kota Batu, Hildan Afos Katana.

Menurut Afos, dalam kejuaraan tersebut Pandu masuk dalam Timnas Balap Sepeda. Dalam even Asia Mountain Bike Championship tahun 2024 ini, Indonesian Cycling Federation (ICF) mengirimkan 14 atlet dan 4 official.

Pelatih yang pernah meraih medali emas nomor Downhill di Sea Games Naypyitaw tahun 2013 itu menjelaskan, bahwa pada even yang sama pada tahun 2009, ia meraih medali Perak. Kesuksesan ini diulang dan ditingkatkan grade nya oleh Pandu dengan meraih medali emas.

"Karena pada momen ini, Pandu bertemu untuk pertama kali dengan lawan-lawan balapnya. Nanti sampai Men Elite, mereka akan terus bertemu. Ini adalah awal yang baik," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu ISSI Kota Batu Asia Mountain Bike Championship 2024 Pandu Satrio Perkasa Medali Emas