Menanam Bumbu Dapur, Opsi Mengisi Akhir Pekan yang Produktif

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Irwansyah

7 Januari 2023 09:38 7 Jan 2023 09:38

Thumbnail Menanam Bumbu Dapur, Opsi Mengisi Akhir Pekan yang Produktif Watermark Ketik
tanaman cabai ( foto : pixabay )

KETIK, JAKARTA – Bercocok tanam di akhir pekan bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk melepaskan stres setelah semingguan bekerja dengan keras. Banyak jenis tumbuhan yang bisa dipilih untuk ditanam. Salah satunya tumbuhan yang berkaitan dengan dapur.

Dengan menanam bumbu dapur sendiri tentu saja kita akan menghemat pengeluaran.Apalagi di tengah kenaikan harga yang cukup signifikan belakangan ini karena dampak ekonomi global.

Selain itu menanam tumbuhan juga dapat membuat suasana rumah kita tampak lebih hijau. Berikut ini adalah beberapa tanaman bumbu dapur yang dapat dijadikan pilihan untuk ditanam di halaman rumah.

1. Cabai

Bagi kamu pecinta makanan pedas mungkin ada baiknya menanam cabai sendiri, selain lebih hemat kamu juga tidak perlu pusing dengan kenaikan harga cabai yang kerap terjadi. Dilansir dari instructables, cara menanam cabai ternyata cukup mudah. Kamu hanya perlu menanam biji cabai dan kubur di tanah.

Bijinya akan berkecambah dalam waktu sekitar satu minggu. Ada baiknya bila kamu menyiram tanahnya setiap hari agar terjaga kelembapannya. Hindari angin dan sengatan sinar matahari.

2. Bawang Merah

Bawang merah merupakan bumbu dasar yang paling sering muncul di resep-resep masakan Indonesia, sehingga stoknya harus selalu cukup untuk memasak sehari-hari.

Oleh sebab itu sering kali harga bawang merah tiba tiba merangkak naik dipasaran karena banyaknya permintaan. Oleh sebab itu tidak ada salahnya menanam bawang merah untuk dipakai sendiri.

Mengutip SFG, bawang yang ditanam dari biji membutuhkan waktu sekitar lima bulan untuk matang dan bisa dipanen. Jika kamu menanam bawang dari bijinya, kamu perlu membuat suhu tanah menghangat sebelum disemai.

3. Serai

Serai juga salah satu bumbu yang banyak digunakan di berbagai masakan Indonesia. Dikutip dari Homes & Gardens, kamu bisa memulainya dari menabur benih serai ke dalam tanah, lalu tutupi dengan kompos dan pastikan tanamanmu tidak kekurangan cahaya untuk mempercepat berkecambah. Perkecambahan serai bisa terjadi sekitar 10-20 hari.  

Jika sudah berkecambah jangan lupa untuk dipindah di pot yang sudah diberi kompos terlebih dahulu agar serai dpaat tumbuh subur.

4. Tomat

Selain berguna untuk masakan tomat juga dapat digunakan untuk membuat jus yang sehat. Tomat membutuhkan waktu sekitar 8-10 minggu sejak ditanam untuk bisa dipanen. Pastikan juga menaruh Tomat di tempat yang cerah agar dapat tumbuh dengan baik.

Foto tanaman Tomat ( foto : Pixabay )Tanaman Tomat (Foto: Pixabay)

Mengutip Daltons, semakin banyak terkena sinar matahari, maka akan semakin enak rasa tomatnya. Jika kamu ingin menanam tomat, kamu perlu menggunakan tanah yang ringan dan kering.

Sebab, tomat tidak akan bisa tumbuh dengan baik bila menggunakan tanah yang berat dan basah. Kamu juga bisa memberi pupuk kompos untuk menyuburkan tanaman tomatmu. (*)

Tombol Google News

Tags:

Tanaman bumbu dapur tomat cabai bawang merah serai hobi