Menko PMK dan Menpora Buka Fornas VII: Selamat Bertanding dengan Riang Gembira!

Jurnalis: Sungkara Anwar
Editor: M. Rifat

3 Juli 2023 05:37 3 Jul 2023 05:37

Thumbnail Menko PMK dan Menpora Buka Fornas VII: Selamat Bertanding dengan Riang Gembira! Watermark Ketik
Menko PMK Muhadjir Effendy dan Menpora Dito Ariotedjo saat Opening Ceremony Fornas VII di Stadion Si Jalak Harupat Kecamatan Kutawaringin Kab Bandung, Minggu (2/7/23) malam. (Foto: Diskominfo)

KETIK, BANDUNG – Event nasional Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) ke-VII tahun 2023 resmi digelar. Opening Ceremony Fornas VII Jawa Barat ini dilaksanakan di Stadion Si Jalak Harupat Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung Jawa Barat, Minggu (2/7/2023) malam.

Fornas ke-VII dibuka Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI Muhadjir Effendy. Turut hadir Menteri Pemuda dan Olahraga RI Dito Ariotedjo, Ketua Umum Kormi Nasional Hayono Isman, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Ketua Kormi Jabar Denda Alamsyah, Bupati Bandung Dadang Supriatna dan pihak lainya.

Dalam sambutannya, Menteri Koordinator Bidang PMK RI Muhadjir Effendy mengungkapkan tentang manfaat olahraga tradisional. Antara lain olahraga pendidikan yang diselenggarakan dalam rangka membentuk karakter, membentuk jiwa sportivitas, membentuk jiwa kedisiplinan.

Yang kedua adalah olahraga masyarakat untuk menjaga agar masyarakat hidup sehat.
Kemudian yang ketiga, imbuhnya, yaitu olahraga prestasi.

"Yang selama ini kita semua laksanakan, dengan banyak prestasi di semua level. Baik di level nasional, regional, sampai di tingkat internasional," sebutnya.

Selama ini, lanjut Muhadjir, yang tidak terlalu dikenal adalah olahraga masyarakat. "Oleh karena itu, momentum pada malam hari ini adalah momentum yang strategis dalam rangka untuk memasyarakatkan menggelorakan olahraga masyarakat," tuturnya.

Muhadjir pun mengucapkan selamat bertanding kepada para peserta Fornas VII. "Jaga sportivitas dan solidaritas," pesannya.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo turut mengapresiasi terhadap Pemerintah Provinsi Jabar dan Kormi Jabar, Pemerintah Kabupaten Bandung dan Kormi Kabupaten Bandung atas dilaksanakannya Fornas VII 2023 di Jabar.

"Sehingga Fornas 2023 berlangsung sangat meriah. Salut dan bangga atas sportivitas dan perhatian para penggiat olahraga masyarakat dari seluruh Tanah Air yang hadir di Fornas VII Jawa Barat," kata Menpora.

Dito mengatakan di Fornas VI diikuti 12.000 peserta dan Fornas ke-VII diikuti 23.000 peserta lebih.

"Fornas merupakan perjalanan nasional dua tahunan dan makin ke sini mampu menghadirkan peserta atau penggiat olahraga dengan jumlah 23.000 peserta lebih merupakan angka yang fantastis. Yang tentunya akan memberikan inspirasi dan semangat baru untuk andil di olahraga," katanya.

Dito pun mengucapkan selamat bertanding, bersenang-senang dan bertanding dengan riang gembira dalam Fornas tersebut. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kormi fornas fornas vii Menko PMK Menpora